Monday, November 28, 2022
spot_img

Bertambah 4, Pasien Covid-19 di Aceh yang Sembuh Jadi 38 Orang

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani menyampaikan, empat orang pasien terinfeksi virus Corona dinyatakan sembuh per Sabtu (4/7). Salah satunya berinisial Ibu MY (70) yang dirawat di RSUDZA Banda Aceh.

Pria yang akrab disapa SAG itu menyampaikan ungkapan syukur seiring pasien Covid-19 di Aceh sembuh bertambah empat orang lagi. Tetapi ia mengaku tidak memiliki informasi lebih lanjut siapa saja keempat pasien yang dinyatakan sembuh.

“Tim Surveilans Gugus Tugas Covid-19 Aceh Bidang Kesehatan belum mengirimkan informasinya. Mungkin besok, karena ini hari libur,” ujar SAG, Sabtu (4/7) malam.

SAG mengatakan, dengan sembuhnya empat orang tersebut, total pasien Covid-19 di Aceh yang telah sembuh menjadi 38 orang. Sisanya sebanyak 46 orang masih dirawat di rumah sakit rujukan provinsi maupun kabupaten/kota, dan 3 orang meninggal dunia.

Adapun pasien yang sembuh berinisial MY yang berusia 70 tahun, kata SAG, dirinya mendapat informasi tersebut dari Koordinator Tim Pelayanan Penyakit Infeksi Emerging RSUDZA, dr Novina Rahmawati, sekira pukul 18.00 WIB, Sabtu (4/7).

Ia menjelaskan, MY dirujuk RSU Cut Meutia Lhokseumawe ke RSUDZA Banda Aceh pada 18 Juni 2020 lalu, setelah diuji swab dan terkonfirmasi positif Covid-19.

Selama ditangani Tim Medis Pinere RSUDZA Banda Aceh, MY beberapa kali dilakukan swab ulang dan diperiksa di Laboratorium RT-PCR Litbangkes Aceh, namun hasilnya masih positif. Pada swab nasofaring dan orofaring yang terakhir baru hasilnya terkonfirmasi negatif dua kali berturut-turut. Karena itu MY dinyatakan sudah negatif virus Corona atau sudah sembuh dari Covid-19.

Seiring dinyatakan sembuh, kata SAG, MY dijemput Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Aceh Utara bersama keluarganya untuk dipulangkankan ke kediamannya.

“Kita bersyukur sekali karena dengan hidayah-Nya hampir semua pasien Covid-19 di Aceh akhirnya sembuh. Kita juga apresiasi tim medis yang bekerja sungguh-sungguh merawat pasien-pasiennya,” ujar SAG.

Selanjutnya, SAG merilis akumulasi kasus Covid-19 di Aceh berdasarkan laporan Gugus Tugas kabupaten/kota se-Aceh, per 4 Juli 2020 pukul 15.00 WIB. Ia menyebut, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh sebanyak 2.302 orang. “Ada penambahan 4 ODP baru hari ini,” sebutnya.

Ia menyebut, ODP yang masih dalam pemantauan Gugus Tugas Covid-19 kabupaten/kota saat ini sebanyak 75 orang. Sedangkan sebanyak 2.227 orang sudah selesai menjalani proses pemantauan atau isolasi secara mandiri.

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sambung SAG, sebanyak 127 kasus. PDP dalam perawatan rumah sakit rujukan Covid-19 kabupaten/kota saat ini sebanyak 6 orang. “PDP di Aceh yang sudah sembuh sebanyak 120 orang. PDP yang meninggal dunia hanya 1 orang. PDP itu meninggal pada 25 Maret 2020,” kata SAG.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,638FollowersFollow
23,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU