Update Corona di Aceh 3 Juli: 87 Positif, 3 Meninggal, 34 Sembuh

0
255
3 Mahasiswa Malaysia yang Pulang dari Aceh Dinyatakan Positif COVID-19
Petugas medis yang menangani pasien COVID-19 di Aceh. (Foto: Ucok Parta/acehkita)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Kasus virus corona di Aceh masih mengalami peningkatan hingga Jumat (3/7). Hingga pukul 15.00 WIB, jumlah positif Covid-19 menjadi 87 kasus. Dari jumlah tersebut, 34 di antaranya telah sembuh, 3 meninggal dunia, dan sisanya masih menjalani perawatan medis.

“Jumlah orang yang positif Covid-19 hingga saat ini sudah mencapai 87 orang. Termasuk bayi, balita, tenaga kesehatan, perawat, dan bahkan dokter di puskesmas,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, dalam keterangannya, Jumat (3/7) malam.

Pria yang akrab disapa SAG itu merincikan, dari jumlah tersebut, pasien positif Covid-19 yang sedang dirawat sebanyak 50 orang, sedangkan 34 orang sudah sembuh, dan 3 orang meninggal dunia.

Ia menyampaikan, dalam dua hari terakhir terdapat 8 pasien yang dirawat di RSUDZA Banda Aceh telah sembuh. Dari 8 orang yang dinyatakan telah negatif virus Corona, 4 di antaranya tenaga medis.

“Kedelapan pasien yang telah sembuh tersebut sebelumnya menjalani perawatan di RSUDZA Banda Aceh. Selain empat tenaga kesehatan, juga ada dua pasien rujukan RSUD Meuraxa Banda Aceh, dan dua orang dari klaster Lhoksukon,” sebutnya.

SAG menjelaskan, dua pasien Covid-19 rujukan RSUD Meuraxa Banda Aceh yang dinyatakan sembuh masing-masingnya berinisial MI (43) dan WW (18). Sementara dua pasien dari klaster Lhoksukon, Aceh Utara, yang sembuh ialah HM (10) dan MZA (2).

“Kedua pasien dari klaster Lhoksukon itu sebelumnya dirujuk dari RSU Cut Muetia Lhokseumawe, dan dirawat di ruang isolasi Pinere RSUDZA Banda Aceh sejak 26 Juni 2020,” kata SAG.

Adapun empat tenaga medis yang dinyatakan sembuh hari ini, sambung SAG, masing-masingnya berinisial KA (47), MS (30), Hj (30), dan CF (26). Tiga di antaranya merupakan para perawat di Ruang Isolasi Pinere RSUDZA Banda Aceh.

Sebelumnya, sambung SAG, juga ada empat perawat ruang Pinere RSUDZA Banda Aceh yang dinyatakan sembuh, yakni DEM (29), Mus (32), HY (36), dan Hel (40).

“Alhamdulillah, mari terus kita berdoa kepada Allah SWT agar semua pasien Covid-19 yang masih dalam perawatan segera sembuh,” ujarnya.

Lebih lanjut, SAG menyampaikan, berdasarkan laporan gugus tugas kabupaten/kota se-Aceh per Jumat (3/7/2020) pukul 15.00 WIB, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh hari ini totalnya sebanyak 2.298 orang.

“Tidak ada penambahan ODP baru hari ini. Adapun ODP yang masih dalam pemantauan gugus tugas Covid-19 kabupaten/kota saat ini sebanyak 73 orang. Sedangkan sebanyak 2.225 lainnya sudah selesai menjalani proses pemantauan atau isolasi secara mandiri,” sebutnya.

Ia menambahkan, sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hari ini bertambah 1 menjadi 127 kasus. “Dengan rincian, PDP dalam perawatan rumah sakit rujukan Covid-19 kabupaten/kota saat ini sebanyak 6 orang. PDP yang sudah sembuh sebanyak 120 orang, dan satu orang meninggal dunia pada 25 Maret 2020,” ujar SAG.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.