Update Corona 14 Mei: Kasus Positif Covid-19 di Aceh Tak Bertambah dalam Sepekan Terakhir

0
402
Update Corona di Aceh 5 Mei: Tambahan 2 Kasus, Keduanya dari Klaster Temboro
Ilustrasi Corona. (Foto: Shutterstock)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Kasus positif terinfeksi virus Corona di Aceh tidak ada penambahan kasus baru dalam sepekan terakahir. Kasus positif Covid-19 terakhir di Aceh diumumkan pada Rabu (6/5) lalu, dan sampai sekarang belum ada kasus yang baru, yakni masih tetap 17 kasus, dan 13 di antaranya telah sembuh.

Berdasarkan catatan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh, kasus positif terakhir di Aceh dialami warga Kabupaten Simeulue, yakni pasien AS (20) dan SB (42) pada Rabu (6/5) lalu. Keduanya memiliki riwayat perjalanan dari daerah infeksi lokal di Jawa Timur dan Jawa Barat.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepayan Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdullah alias SAG, menyampaikan bahwa kedua pasien tersebut telah tiba di RSUDZA Banda Aceh kemarin, setelah dirujuk dari RSUD Simeulue. Hingga saat ini keduanya dalam perawatan medis di RSUDZA. Sementara satu pasien positif di Aceh lainnya dirawat di RSUD Gayo Lues.

“Pasien Covid-19 yang dimaksud berinisial SK (18) yang dirawat di RSUD Gayo Lues sejak 4 Mei 2020. Ia masih menunggu hasil uji swab berikutnya. Jika dua kali uji berturut-turut hasilnya tetap negatif, baru dapat dinyatakan sembuh,” ujar SAG dalam keterangan tertulis, Kamis sore.

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, dr Hanif, dan Koordinator Medis Covid-19 Pemkab Gayo Lues, dr Nevirizal, untuk memastikan kondisi terakhir pasien di sana yang ditengarai sudah sembuh.

SAG menyebut, pasien SK tersebut merupakan salah seorang santri Ponpes Al-Fatah, Temboro, Magetan, Jawa Timur, yang pulang kampung ke Gayo Lues. “Kondisi klinisnya saat ini sangat baik dan mungkin besok sudah ada hasil uji swab terakhir ketiga. Bila konfirmasi negatif baru kita sebut SR sembuh,” sebutnya.

Lebih lanjut, SAG menjelaskan bahwa hingga saat ini jumlah kasus positif Covid-19 di Aceh tercatat 17 kasus per 14 Mei 2020 pukul 15.00 WIB. “Rinciannya, sebanyak 3 orang dalam perawatan, 13 orang sudah sembuh, dan 1 orang meninggal dunia. Kasus meninggal ini terjadi pada Maret 2020. Kasus lama,” kata dia.

Sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) menjadi 1.966 orang setelah bertambah 7 orang pada hari ini. Dari jumlah itu, 68 di antaranya masih dalam pemantauan, sedangkan 1.898 lainnya sudah selesai pemantauan.

“Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tetap seperti kemarin, 93 orang. Rinciannya, dalam perawatan rumah sakit sebanyak 1 orang, yang sembuh 91 orang dan meninggal 1 orang, juga pada Maret lalu,” ujar SAG.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.