PSSI Buka Kemungkinan Liga 1 2020 Dilanjutkan September dan Mainnya di Pulau Jawa

0
282
Aksi Persiraja vs Bhayangkara FC di Pekan Pertama Liga 1 2020
Aksi Persiraja vs Bhayangkara FC di Pekan Pertama Liga 1 2020. (Foto: Chaideer Mahyuddin/acehkita.com)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Nasib kelanjutan Liga 1 2020 masih belum terang. Dalam rapat virtual antara PSSI dengan PT LIB bersama seluruh klub Liga 1 dan Liga 2 pada Selasa (2/6), baru muncul kemungkinan bahwa kompetisi Liga 1 bakal dilanjutkan pada September 2020.

Dalam rapat virtual membahas kelanjutan kompetisi itu, PSSI melalui Ketua Umum, Mochamad Iriawan memberikan opsi-opsi terkait kelanjutan kompetisi 2020. Sebab hingga saat ini Liga 1 dan Liga 2 2020 masih ditangguhkan akibat pandemi virus corona.

“Hari ini PSSI memberikan opsi-opsi kepada klub Liga 1 dan 2 terkait kelanjutan kompetisi. Jadi keputusan tetap di rapat Komite Eksekutif. Seperti Liga 1 dimulai bulan September atau Oktober, setelah itu terkait nominal penambahan subsidi, dan pertandingan dimainkan di Pulau Jawa, konsep degradasi dan promosi,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, seperti dilansir laman resmi PSSI, Selasa (2/6).

Yunus menambahkan bahwa opsi kompetisi dilanjutkan untuk melihat kepentingan lebih besar yakni Timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Apalagi ajang bergengsi tersebut berlangsung di Tanah Air.

“Untuk Liga 2, PSSI menawarkan opsi home turnamen, sistem formatnya dibagi empat grup dengan masing-masing grup enam tim. Dimulai sekitar bulan Oktober. Jadi opsi untuk status kompetisi Liga 1 dan 2 adalah kompetisi lanjutan. Kompetisi akan dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Tadi dokter Syarif Alwi juga telah memberikan paparan kepada seluruh klub,” ujarnya.

PSSI juga akan menyiapkan payung hukum terkait kontrak kepada pemain dan pelatih. Untuk itu PSSI juga melakukan diskusi dengan APPI (Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) setelah rapat virtual.

Saat ini PSSI juga terus berkomunikasi dengan pemerintah, dalam hal ini dengan Menpora. Selain itu, PSSI juga berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti Gugus Tugas Covid-19, Kementerian Kesehatan, Kepolisian Republik Indonesia dan lain-lain.[]

ACEHKITA.COM mendapatkan bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.