Iwan Bule Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI Periode 2019-2023

Iwan Bule Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI Periode 2019-2023
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan periode 2019-2023. (Foto: Dok. PSSI)

Komjen Pol Mochamad Iriawan alias Iwan Bule resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023. Dalam agenda pemilihan ketua umum pada Kongres Luar Biasa PSSI 2019, Iwan Bule mendapatkan dukungan 82 suara dari 85 voters.

Proses pemungutan suara pemilihan Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11). Pemungutan suara diikuti sebanyak 85 voters yang terdiri atas 18 klub liga 1, 15 klub Liga 2 (Persis Solo tidak ikut), 16 klub Liga 3, asosiasi sepak bola wanita dan federasi futsal.

Setelah pemilihan Ketua Umum, agenda Kongres Luar Biasa PSSI dilanjutkan dengan pemilihan Wakil Ketua Umum, dan anggota Komite Eksekutif PSSI.

Kongres Luar Biasa PSSI dibuka Menteri Pemuda Olahraga Zainudin Amali. Hadir juga Ketua KOI Raja Sapta Oktohari dan Ketua KONI Marciano Norman. KLB PSSI juga disaksikan langsung dua delegasi FIFA dan tiga delegasi AFC.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyatakan, kementerian pemuda olahraga akan mendukung PSSI dalam memajukan sepak bola nasional. Menpora menegaskan, tidak akan mencampuri internal organisasi PSSI seperti cabang olahraga lainnya.

“Presiden Joko Widodo pun berharap agar sepak bola Indonesia bisa berprestasi. Beliau juga berpesan Indonesia harus sukses dalam penyelenggaraan Piala Dunia U20 tahun 2021. Pelaksanaan Piala Dunia menjadi pertaruhan bangsa,” sebut Zainudin, seperti dikutip laman resmi PSSI, Sabtu (2/11).

Menpora juga mendukung pelaksanaan Kongres PSSI. “Untuk Kongres, kalau FIFA okay, maka pemerintah juga okay. Kita sudah melihat bagaimana sambutan Presiden FIFA Gianni Infantino yang mendukung pelaksanaan Kongres,” kata Zainudin.

Kongres PSSI juga dihadiri Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari dan Ketua KONI Marciano Norman. Keduanya mendukung pelaksanaan Kongres PSSI dan berharap menghasilkan output yang positif untuk sepak bola Indonesia.

“Kami mengajak semua untuk menjadikan piala dunia u20 sebagai indikator kebangkitan bangsa Indonesia di mata internasional. Sepak bola maju olahraga lain akan bisa mengikuti,” ujarnya.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.