Persiapan Lanjutan Liga 1 2020, PT LIB Inspeksi Stadion dan Hotel di Yogya

0
246
Persiapan Lanjutan Liga 1, PT LIB Inspeksi Stadion dan Hotel di Yogya
Kru PT LIB melakukan verifikasi kondisi stadion di Yogya menjelang lanjutan Liga 1 2020. (Foto: liga-indonesia.id)

Lanjutan kompetisi Liga 1 2020 akan dimulai pada 1 Oktober 2020 mendatang. Berbagai persiapan terkait teknis kompetisi pun mulai dimatangkan. Sebelumnya, kompetisi sepak bola Indonesia ditangguhkan secara force majeure pada Maret lalu karena pandemi COVID-19.

Kini, beberapa kru dari PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi sudah berada di Yogyakarta mulai Kamis (23/7) kemarin. Tujuannya untuk melakukan verifikasi kondisi dua stadion dan beberapa hotel di sana.

Seperti diketahui, Yogyakarta akan menjadi lokasi home base bagi kontestan Liga 1 2020 yang berasal dari luar Pulau Jawa. Terdapat enam tim dari luar Pulau Jawa yakni Bali United, Barito Putera, Borneo FC, Persipura Jayapura, Persiraja Banda Aceh dan PSM Makassar.

Dari enam tim tersebut, dua klub belum menentukan lokasi home base, di antaranya Barito Putera dan Persipura Jayapura. Sementara dari tiga stadion yang ada di DIY, Stadion Maguwoharjo di Kabupaten Sleman dan Stadion Sultan Agung di Kabupaten Bantul menjadi pilihan empat tim luar Pulau Jawa.

Keempat tim tersebut yaitu Borneo FC dan Persiraja Banda Aceh yang memilih Stadion Maguwoharjo, serta Bali United dan PSM Makassar yang telah menentukan Stadion Sultan Agung sebagai home base. Selain tim-tim luar Pulau Jawa tersebut, PSS Sleman juga menggunakan Stadion Maguwoharjo, dan Persija Jakarta juga akan memakai Stadion Sultan Agung.

“Karena banyak tim yang memilih Yogyakarta sebagai home base, maka kami harus memastikan kondisi terakhir dari stadion yang diajukan. Semua aspek akan kami verifikasi sesuai dengan standar yang berlaku. Berikutnya kami juga mengecek kelayakan beberapa hotel yang rencananya akan menjadi tempat tinggal sementara bagi tim-tim tersebut,” ujar Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, seperti dilansir laman resmi Liga Indonesia pada Jumat (24/7).

Selain meninjau kesiapan stadion dan tiga hotel di DIY, PT LIB juga akan melakukan verifikasi Stadion Citarum, Kota Semarang yang diajukan PSIS Semarang sebagai markas untuk melakoni lanjutan kompetisi Liga 1 2020.

Berikut daftar sementara home base yang diajukan kontestan Liga 1 2020:

1. Bhayangkara FC (Stadion PTIK, Jakarta)
2. Persib Bandung (Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung)
3. PSIS Semarang (Stadion Citarum, Semarang)
4. PSS Sleman (Stadion Maguwoharjo, Sleman)
5. Persiraja Banda Aceh (Stadion Maguwoharjo, Sleman)
6. Borneo FC (Stadion Maguwoharjo, Sleman)
7. PSM Makassar (Stadion Maguwoharjo, Sleman)
8. Bali United (Stadion Sultan Agung, Bantul)
9. Persija Jakarta (Stadion Sultan Agung, Bantul)
10. Persela Lamongan (Stadion Surajaya, Lamongan)
11. Persik Kediri (Stadion Brawijaya, Kediri)
12. Arema FC (Stadion Kanjuruhan, Malang)
13. Madura United (Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan dan Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan)
14. PS TIRA (Stadion Mini Persikabo, Bogor dan Stadion Pakansari, Bogor)
15. Persita Tangerang (Belum menentukan)
16. Persebaya Surabaya (Belum menentukan)
17. Barito Putera (Belum menentukan)
18. Persipura Jayapura (Belum menentukan)

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.