Besok, Teater Rongsokan Pentaskan ‘Alih Waris’ Secara Virtual dari Taman Budaya

Besok, Teater Rongsokan Pentaskan 'Alih Waris' Secara Virtual dari Taman Budaya
Besok, Teater Rongsokan Pentaskan 'Alih Waris' Secara Virtual dari Taman Budaya. (Dok. Panitia)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Teater Rongsokan Banda Aceh akan menggelar pertunjukan teater secara virtual di Taman Budaya Aceh pada Kamis (9/7) pukul 15.00 WIB. Pertunjukan di masa pandemi Covid-19 ini merupakan program dari Taman Budaya Aceh dalam rangka membantu seniman Aceh untuk tetap produktif dalam berkreativitas.

Sutradara Pertunjukan Teater, T Zulfajri, mengatakan karya yang berjudul ‘Alih Waris’ tersebut mengangkat isu tentang bencana alam akibat dari ulah tangan manusia yang menebang hutan secara brutal sehingga mengakibatkan banjir. Pertunjukan teater ‘Alih Waris’ secara virtual tersebut dapat disaksikan di channel YouTube Teater Rongsokan.

“Masih jelas teringat di benak kita banjir yang melanda sebagian wilayah Aceh pada awal hingga pertengahan bulan Mei 2020 lalu yang melanda Kota Banda Aceh dan Kecamatan Lhoong, Aceh Besar,” kata pria yang akrab disapa Tejo dalam keterangannya, Rabu (8/7).

“Tidak lama berselang, banjir bandang terjadi di tanah Gayo, ironis memang karena terjadi di dataran tinggi yang selintas pikir mustahil dilanda bencana banjir, tapi itu nyata terjadi. Musibah itu terjadi di saat masyarakat Aceh sedang dihantui rasa mencekam oleh virus Corona,” sambungnya.

Tejo menjelaskan, biasanya ahli waris orang yang berhak mendapatkan harta warisan dari orang tua yang telah meninggal dunia. Sedangkan dalam pertunjukan ‘Alih Waris’ dianalogikan dengan hutan sebagai warisan yang dialihkan kepada generasi berikutnya meskipun tidak memiliki garis keturunan.

Sehingga bagi si pewaris, menurutnya, tidak menjadi hal penting untuk menjaga, merawat aset berharga miliknya (hutan) untuk di wariskan kepada anak cucunya.

View this post on Instagram

Salam Budaya Salam Teater "Tetap Berproses & Terus Berkarya " Teater Rongsokan akan menggelar pertunjukan teater secara virtual di Taman Budaya Aceh pada 9 Juli 2020 pukul 15.00 WIB dengan judul "Alih Waris". Pementasan yang berjudul “Alih Waris” ini mengangkat isu tentang bencana alam akibat dari ulah tangan manusia yang menebang hutan secara brutal sehingga mengakibatkan banjir. . . . Stay tune di layar online anda nantikan kejutan dari kami ! On YouTube : Teater Rongsokan. Don't forget to subscribe, like and comment. About Us: Jln Sukaramai. Setui. Banda Aceh. Indonesia. 23111 . Mail [email protected] – Facebook: facebook.com/teaterrongsokan – Twitter : twitter.com/teaterrongsokan – Instagram: instagram.com/teaterrongsokan – Google+: plus.google.com/+teaterrongsokan #teaterrongsokan#teaterrongsokanaceh#tetapberproses#terusberkarya#stayathome

A post shared by Teater 'RONGSOKAN' Aceh (@teaterrongsokan) on

Ia menyebut, konsep pertunjukan kali ini sedikit berbeda dari pertunjukan-pertunjukan Teater Rongsokan sebelumnya. Pihaknya lebih menonjolkan pada karakter bentuk yang didominasi oleh gerak tubuh dan setting artistik yang didukung oleh desain visual; memadukan seni pertunjukan dan multimedia.

Lebih lanjut, Tejo menambahkan, ada keunikan tersendiri pada proses kreatif yang dilakukan selama pandemi ini. Aktor menjalani proses latihan yang sedikit berbeda dari kondisi normal biasanya. Adakala berlatih secara mandiri di tempat masing-masing, kadang diskusi karya dilakukan secara daring, dan beberapa kali latihan bersama dengan tetap memperhatikan skema aturan kesehatan.

“Menyikapi kondisi tersebut, maka produksi ini berusaha mengelaborasi kondisi lingkungan dan sumber daya yang tersedia dengan mengadopsi pola gerakan dari proses latihan rutin pada saat olah tubuh,” ujar Tejo.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.