Friday, October 7, 2022
spot_img

Zahlul Pasha Dosen UIN Ar-Raniry Raih Gelar Legal Auditor

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Zahlul Pasha Karim, dosen Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh, resmi meraih gelar Certified Legal Auditor (CLA). Hal itu secara resmi diinfokan Lembaga Sertifikasi Profesi Auditor Hukum Indonesia (LSP AHI) pada 17 Juni 2022 melalui Laporan Uji Kompetensi Sertifikasi Auditor Hukum Indonesia.

Zahlul memperoleh gelar itu setelah melalui rangkaian kegiatan berupa pendidikan dan ujian profesi legal auditor yang digelar oleh LSP AHI bekerja sama dengan Jimly School of Law and Government (JSLG).

CLA merupakan gelar profesi dalam bidang audit hukum. Kegiatan audit hukum dilakukan oleh para auditor hukum sebelum suatu perbuatan hukum dilakukan. Tujuannya mengidentifikasi penyimpangan hukum yang terjadi dalam perbuatan hukum, sehingga diketahui tingkat ketaatan dan kepatuhan hukum oleh para pihak yang bersangkutan.

“Pendidikannya digelar pada 11-16 April 2022 secara daring. Sementara ujian dilaksanakan secara luring di Jakarta pada 7-8 Mei lalu,” kata Zahlul, Ahad (19/6/2022).

Zahlul tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya. Ia mengaku sangat gembira mengetahui hasil tersebut karena tidak hanya dirinya yang bisa merasakan manfaat atas kesuksesan ini, melainkan juga UIN Ar-Raniry secara umum.

Secara khusus, ia berterima kasih kepada pimpinan FSH UIN Ar-Raniry yang mempercayakan dan memfasilitasi dirinya mengikuti kegiatan tersebut. Ke depan harapnya, kampus juga berkenan memfasilitasi dosen-dosen lain mengikuti kegiatan serupa.

Kegembiraan juga dirasakan Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Ar-Raniry Prof. Muhammad Siddiq Armia, M.H., Ph.D. Menurutnya, raihan gelar legal auditor milik Zahlul sangat berguna dalam membantu prodi di FSH meraih akreditasi unggul.

“Sertifikat profesi dosen itu salah satu syarat yang diminta BAN-PT pada saat akreditasi. Seringkali, kita sulit memenuhinya karena belum banyak dosen punya sertifikasi profesi. Raihan profesi legal auditor Zahlul semakin menambah amunisi kita menuju akreditasi unggul.”

Hal senada turut diutarakan Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Warul Walidin AK, MA. Menurut Warul, apa yang diraih Zahlul selaras dengan Program Akademik Bersatu yang ia canangkan dan semakin menunjukkan hasil positif. Keberhasilan dosen-dosen dalam berbagai bidang sangat bermanfaat bagi UIN Ar-Raniry.[]

 

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,621FollowersFollow
23,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU