Saturday, May 25, 2024
spot_img

Yuk, Kita Ketahui Nama Lain Dari Al Quran

Al Quran menjadi kitab suci bagi seluruh umat manusia, khususnya umat Islam yang didalamnya berupa tuntunan serta pedoman hidup.

Pasalnya, Al Quran tak hanya sekedar membahas seputar ibadah kepada Allah SWT saja melainkan juga seluruh aspek kehidupan, mulai dari berdagang, membina rumah tangga, menuntut pendidikan, dan masih banyak lagi.

Usut punya usut, ternyata Al Quran juga memiliki nama lain lho. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai nama lain alquran, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

  1. Al Furqan

Istilah Al Furqan berasal dari bahasa Arab yang bermakna “pembeda yang benar dan yang salah”. Hal ini dikarenakan Al Quran akan memberikan petunjuk kepada umat manusia agar mengetahui mana yang baik dan buruk, halal dan haram, benar dan salah.

Sebagaimana yang tertuang dalam Al Quran surat Furqan ayat 1 yang artinya:

“Maha melimpah anugerah (Allah) yang telah menurunkan Furqan (Al Quran) kepada hamba-Nya (Nabi Muhammad) agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.”

  1. Al Dizkr

Al9 Dizkr memiliki makna yaitu “pemberi peringatan”. Al Quran menjadi peringatan bagi umat manusia untuk menunjukkan jalan yang benar dan salah. Hal ini seperti yang tertuang dalam Al Quran surat Al Hijr ayat 9 yang artinya:

“Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Quran dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya.”

Ayat ini pun menjadi bukti, bahwa kemurnian Al Quran akan terjaga oleh Allah SWT selamanya sehingga isinya tidak akan pernah mengalami perubahan.

  1. Mau’izhah dan Syifa

Mau’izhah dan Syifa memiliki makna yang berarti “nasihat dan obat”. Dikarenakan manusia sebagai tempatnya lupa, maka Al Quran menjadi penasihat agar kita senantiasa tidak tergelincir ke jalan yang salah.

Tak hanya itu, Al Quran juga menjadi obat untuk membersihkan hal-hal buruk yang tersimpan didalam diri. Sebagaimana yang tertuang dalam Al Quran surat Yunus ayat 57 yang artinya:

“Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al Quran) dari Tuhamu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.”

  1. Busyra

Istilah Busyra memiliki makna “kabar gembira”. Al Quran telah menegaskan bagi setiap orang-orang beriman agar senantiasa berada di jalan kebenaran.

Itulah yang menjadi rahmat bagi Allah SWT untuk seluruh alam semesta. Seperti yang tercantum dalan Al Quran surat An Nahl ayat 102 yang artinya:

“Katakanlah (Nabi Muhammad), “Ruhulkudus (Jibril) menurunkannya (Al Quran) dari Tuhanmu dengan hak untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang Muslim (yang berserah diri kepada Allah).”

  1. Al Huda

Al Huda memiliki makna sebagai “Petunjuk”. Dikarenakan kemurnian Al Quran dijaga langsung oleh Allah SWT, maka Al Quran menjadi sebaik-baiknya petunjuk.

Allah SWT maha mengetahui apa yang dikerjakan oleh setiap makhluk-Nya. Maka dari itu, sudah semestinya kita untuk senantiasa mentaati perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Allah berfirman dalam Al Quran surat Al Jinn ayat 13 yang artinya:

“Sesungguhnya ketika mendengar petunjuk (Al-Qur’an), kami pun beriman kepadanya. Maka, siapa yang beriman kepada Tuhannya tidak (perlu) takut akan pengurangan (pahala amalnya) dan tidak (takut pula) akan kesulitan (akibat penambahan dosa).”

Itu dia penjelasan singkat mengenai beberapa nama lain dari Al Quran.

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU