Tuesday, May 21, 2024
spot_img

Ini Dia 10 Nama Malaikat dan Tugas yang Diberikan

Iman adalah keyakinan yang berkaitan dengan agama. Secara lengkapnya iman adalah meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dengan perbuatan.

Sedangkan menurut Syaikh Abdul Majid Az-Zandani, definisi iman menurut syara’ adalah meyakini. Iman juga bisa diartikan keyakinan yang terbentuk dalam hati. Hal ini sesuai dengan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala pada surat Al-Baqarah ayat 143 yang artinya:

“Dan demikian pula Kami telah menjadikan kamu (Umat Islam) ‘umat pertengahan’ agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Kami tidak menjadikan kiblat yang (dahulu) kamu (berkiblat) kepadanya melainkan agar Kami mengetahui siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang berbalik ke belakang. Sungguh, (pemindahan kiblat) itu sangat berat, kecuali bagi orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah. Dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sungguh, Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang kepada manusia.”

Dalam Islam sendiri iman terdiri dari 6 pilar yang disebut dengan rukun iman, salah satunya adalah iman kepada Malaikat.

Ada banyak malaikat yang diciptakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, namun hanya ada 10 malaikat saja yang wajib kita ketahui dan imani. Antara lain Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Munkar, Nakir, Raqib, Atid, Malik, dan Ridwan. Semua malaikat tersebut memiliki perannya masing-masing.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini nama malaikat dan tugasnya:

  1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril mempunyai tugas untuk menyampaikan wahyu dari Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada Rasul.

Selain itu, malaikat Jibril juga memiliki tugas lainnya, salah satunya adalah meniupkan ruh pada janin dalam kandungan.

  1. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail mempunyai tugas untuk memberi rezeki kepada seluruh makhluk hidup di dunia.

Rezeki tersebut bukan hanya untuk manusia saja, karena bentuk rezeki bermacam-macam, seperti hujan yang bisa menyuburkan tanah sehingga munculah tumbuh-tumbuhan yang bisa dikonsumsi oleh hewan dan manusia.

  1. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil mempunyai tugas untuk meniup sangkakala pada hari kiamat nanti. Sangsakala adalah seperti terompet sebagi tanda datangnya hari kiamat.

  1. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail mempunyai tugas utama untuk mencabut nyama seluruh makhluk hidup yang ada di dunia.

Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian dan itulah tugas malaikat Izrail untuk mencabut nyawa semua makhluk hidup.

  1. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar mempunyai tugas untuk menanyakan orang yang sudah mati di alam kubur atau alam barzakh. Malaikat Munkar akan menanyakan kepada si mayit tentang keimanan dan amal yang dilakukannya selama hidup di dunia.

  1. Malaikat Nakir

Sama seperti malaikat Munkar, malaikat Nakir pun memiliki tugas untuk menanyakan amal perbuatan manusia saat di alam kubur.

  1. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib mempunyai tugas untuk mencatat amal baik yang dilakukan oleh manusia.

  1. Malaikat Atid

Malaikat Atid mempunyai tugas untuk mencatat amal buruk yang dilakukan oleh manusia.

  1. Malaikat Malik

Malaikat Malik mempunyai tugas sebagai penjaga pintu neraka. Neraka merupakan tempat yang menyeramkan, api yang menyala-nyala, penuh siksaan dan penderitaan yang diperuntukkan bagi orang-orang yang selalu melakukan dosa dan tidak beriman kepada Allah Ta’ala.

  1. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan mempunyai tugas untuk menjaga pintu surga. Surga merupakan tempat yang indah dan penuh kenikmatan yang diperuntukkan untuk orang-orang beriman dan banyak beramal soleh selama hidup di dunia.

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU