KLHK Diminta Pindahkan Kantor BBTNGL ke Aceh

0
204
KLHK Diminta Pindahkan Kantor BBTNGL ke Aceh
KLHK Diminta Pindahkan Kantor BBTNGL ke Aceh. (Foto: Habil/acehkita.com)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Aceh meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indonesia untuk segera merealisasikan pemindahan kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) dari Medan, Sumatera Utara ke Aceh. Permintaan itu dikarenakan seluas 80 persen wilayah TNGL berada di Aceh.

Direktur Eksekutif WALHI Aceh, Muhammad Nur, mengatakan pemindahan ini untuk mendukung agenda jangka panjang bagi keberlanjutan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL).

Menurutnya, Pemerintah Aceh telah tiga kali meminta pemindahan kantor itu kepada Kementerian LHK. Surat pertama dikirim pada 2015, kemudian pada 2017, dan terakhir pada 2020.

KLHK Diminta Pindahkan Kantor BBTNGL ke Aceh
Kawasan Ekosistem Leuser di Subulussalam, Aceh. (Foto: Habil/acehkita.com)

“Surat Pemerintah Aceh sepakat dengan para pihak strategis lainnya untuk segera mungkin memindahkan kantor BBTNGL ke Aceh, berdasarkan pertimbangan bahwa 80% luas wilayah TNGL berada di Aceh,” kata M Nur, Jumat (3/7).

Dengan berkantor di Aceh, M Nur mengimbuhkan, Pemerintah Aceh akan mudah berkoordinasi dengan kantor BBTNGL terkait perlindungan, pelestarian, pengelolaan, dan pemanfaatan taman nasional. Sedangkan dari aspek hukum akan mempermudah penanganan kasus di KEL oleh Polda Aceh.

“Karena bencana ekologis, kasus konflik satwa manusia, konflik kepentingan ruang, dan KEL yang memberikan sumber kehidupan bagi semua mahkluk adalah menjadi perhatian semua kita,” kata M Nur.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.