Wednesday, September 28, 2022
spot_img

UIN Ar-Raniry Gelar Donor Darah Peringati HAB Kemenag 2022

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2022, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang dilanjutkan dengan aksi sosial Donor Darah. Kegiatan tersebut berlangsung di Lingkungan Rektorat UIN Ar-Raniry Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Senin (3/2/2022).

Wakil Rektor bidang Administrasi Umum dan Perencanaan Keuangan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Syahbuddin Gade, bertindak sebagai inspektur upacara HAB Kemenag ke-76 tahun 2022 di UIN Ar-Raniry. Dalam amanat Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan Syabuddin menyatakan bahwa sejak dibentuk pada tahun 1946 hingga saat ini Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengalaman ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

“Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya,” ujarnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021.

“Di usia yang ke-76 ini, Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik,” sebutnya.

Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan pula Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama.

“Saya percaya apabila berpegang teguh pada itu semua, Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa. Apa yang kemudian menjadi tagline Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama, yaitu Transformasi Layanan Umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan,” ujarnya.

Ia menyebut, transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Kepala Biro AUPK UIN Ar-Raniry, Ibnu Sa’dan, di sela kegiatan sosial donor darah mengatakan, seluruh civitas akademika UIN Ar-Raniry mengikuti upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati HAB ke-76 di Halaman Gedung Rektorat UIN Ar-Raniry dan berlangsung dengan khidmat.

Ia menyampaikan, selain upacara pengibaran bendera, pada peringatan HAB ke-76 di UIN Ar-Raniry juga dilaksakan beberapa kegiatan lainnya, antara lain penyerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada ASN yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun. Selanjutnya aksi donor darah dan santunan anak yatim.

“Aksi donor darah yang dilaksanakan setelah upacara peringatan HAB ke-76, berhasil mengumpulkan sebanyak 21 kantong darah. Kegiatan tersebut berlangsung atas kerja sama antara Palang Merah Indonesia cabang Kota Banda Aceh dengan KSR PMI UIN Ar-Raniry,” ujarnya.

Ibnu Sa’dan mengajak kepada khususnya masyarakat kampus UIN Ar-Raniry untuk terus berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial, seperti aksi donor darah. Sebab, manfaat dari donor darah tersebut selain manfaatnya dapat dirasakan bagi diri sendiri juga dapat membantu orang lain. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,612FollowersFollow
23,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU