Sekolah Fatih Motivasi Siswa Cinta Ilmu Pengetahuan Lewat Edu Elementary Festival

Sekolah Fatih Motivasi Siswa Cinta Ilmu Pengetahuan Lewat Edu Elementary Festival
Sekolah Fatih Motivasi Siswa Cinta Ilmu Pengetahuan Lewat Edu Elementary Festival

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Guna memberikan motivasi bagi siswa-siswinya untuk lebih mencintai ilmu pengetahuan, Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School Banda Aceh menggelar program Edu Elementary Festival. Kegiatan tersebut digelar di gedung semi oudoor sekolah yang berada di kawasan Darussalam, Banda Aceh, pada Sabtu (8/2/2020).

Kepala Sekolah SD Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School, Maelani, mengatakan kegiatan Edu Elementary Festival tersebut merupakan yang pertama kali diselenggarakan pihaknya pada 2020 ini. Festival pendidikan itu turut diramaikan kehadiran para orang tua siswa, guru, staf, masyarakat setempat, dan siswa dari beberapa sekolah lainnya.

“Semoga program ini dapat memberikan motivasi kepada seluruh siswa-siswi untuk dapat lebih mencintai ilmu pengetahuan dan dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi wadah silaturahmi antar pihak sekolah, siswa, orang tua, dan masyarakat setempat,” ujar Maelani dalam keterangan tertulis, Minggu (9/2).

Ia menyebut terdapat tiga mata pelajaran pada Edu Elementary Festival yang meliputi pelajaran nglish, science, dan maths. Kegiatan yang berlangsung setengah hari itu diawali dengan penampilan Tari Ratoh Jaroe klub tari SD Sekolah Teuku Nyak Arief Fatih.

Maelani menambahkan, festival itu juga disemarakkan dengan pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba Thailand International Mathematical Olimpiad (TIMO) 2019, Southeast Asian Mathematical Olimpiad (SEAMO) 2019, dan kompetisi salawat yang telah digelar pada periode Januari 2020 lalu.

Usai acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan mengajak para orang tua dan pengunjung yang datang untuk mengunjungi stan yang diisi dengan aneka permainan dan percobaan-percobaan sederhana, seperti permainan riddle dari stan maths, spelling bee by using pictures dari stan english, percobaan elephant toothpaste dari stan science.

Para pengunjung yang hadir juga berkesempatan untuk memainkan permainan dan percobaan yang dipamerkan oleh siswa di stannya masing-masing. “Bagi para orang tua dan pengunjung yang berhasil, mereka juga akan diberikan poin yang dapat ditukarkan dengan barang. Terdapat juga stan kuis untuk pelajaran IPA yang mana para pengunjung akan ditantang untuk menjawab soal-soal yang berkaitan dengan pelajaran tersebut,” sebut Maelani.

Lebih lanjut, kata Maelani, untuk memeriahkan program tersebut juga terdapat stan permainan EduElation dan stan Social Emotional Learning yang lebih dikenal dengan sebutan (SEL). “Di akhir acara turut dilakukan penarikan undian doorprize yang terdiri dari belasan hadiah menarik,” pungkasnya.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.