Santri Mazahirul Quran Juara MTQ 5 Juz Kompetisi Classic IV di Dayah IQ

0
444
Santri Mazahirul Quran Juara MTQ 5 Juz Kompetisi Classic IV di Dayah IQ
Santri Mazahirul Quran Juara MTQ 5 Juz Kompetisi Classic IV di Dayah IQ

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Muhammad Akram Muntadhari, siswa kelas dua Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTS) Mazhahirul Quran Aceh Besar berhasil menjuarai Competition of Religion, Art, Sains and Education (Classic) ke-IV yang digelar Dayah Insan Qurani. Dalam acara penutupan yang berlangsung pada Rabu (5/2), Akram ditetapkan sebagai juara pertama cabang Tahfidz 5 Juz.

Pembina Dayah Mazhahirul Quran, Ustadz Muzakir, mengatakan Akram adalah salah seorang santri berprestasi yang dikirimkan pihaknya pada ajang Classic IV. Akram putra kelahiran Uliem Pidie Jaya merupakan peraih juara pertama pada MTQ Tingkat Provinsi Aceh di Idi Aceh Timur pada 2017 lalu. Saat itu Akram mengikuti cabang Tahfidz 1 juz putra.

“Akram siswa kelas 2 MTS yang hafalannya alhamdulillah sudah 21 juz,” kata Ustadz Muzakir, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (6/2).

Akram sendiri bersyukur bisa mendapatkan juara dari perlombaan itu. “Alhamdulillah mendapatkan hasil terbaik,” kata dia.

Anak dari pasangan Nurhayati dan Syabudin ini mempunyai cita-cita menjadi pakar Islam khususnya di bidang Ushul Fiqh.

Kompetisi Classic merupakan agenda tahunan yang digelar Dayah Insan Qurani. Berbagai macam cabang perlombaan dilombakan dalam kegiatan itu.

Untuk tahun ini, kegiatan tersebut digelar selama 1-5 Februari 2020 di Kampus Dayah IQ. Panitia melaporkan ada 21 cabang perlombaan yang dilombakan bagi pelajar tingkat SD, SMP hingga tingkat SMA.

Selain juara individu dan tim, panitia juga memberikan hadiah juara umum untuk sekolah yang meraih poin tertinggi. Juara Umum Classic IV tingkat SD/MI diraih oleh MIN 6 Banda Aceh dengan perolehan 24 poin.
Sedangkan pada tingkat SMP/MTs direbut oleh MTsN 1 Banda Aceh yang mengumpulkan 44 poin. Adapun pada tingkat SMA/MA diraih oleh MAN 1 Banda Aceh yang berhasil mengoleksi 21 poin.

Classic IV diikuti oleh 602 peserta dari berbagai sekolah di lingkungan Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh.

Sedangkan untuk santri Dayah IQ sendiri, juga mengikuti perlombaan internal pada malam hari, meliputi cabang fahmil Quran, tahfidz 1 juz, 3 juz, 5 juz dan 10 juz Alquran.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.