Ratusan Pengungsi Rohingya Terdampar Lagi di Lhokseumawe

0
182
Pengungsi Rohingya yang terdampar di Lhokseumawe, Aceh. Foto: Zikri M/acehkini

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Ratusan pencari suaka atau pengungsi Rohingya, terdampar lagi di Lhokseumawe, Aceh. Menumpang kapal kayu, mereka mendarat di pantai Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti sekitar pukul 01.00 WIB, Senin dinihari (7/9/2020).

Mengutip acehkini, warga langsung berdatangan ke sana begitu mereka terdampar di sana. Petugas TNI/Polri dan relawan lainnya langsung mendata mereka, ditempatkan di pondok-pondok pantai.

Wakil Sekretaris Jenderal Panglima Laot Aceh, Miftachuddin Cut Adek, menyebutkan sesuai data yang diterima dari nelayan di lokasi, para pengungsi Rohingya berjumlah 297 orang. Sekitar 100 orang di antaranya adalah pria dewasa, selebihnya perempuan dan anak-anak. Saat ini aparat keamanan  masih berjaga di lokasi. Sejumlah warga ikut memberikan bantuan.

Terdamparnya pengungsi Rohingya kali ini adalah yang kedua sepanjang 2020. Sebelumnya, pada 24 Juni 2020, sebanyak 99 pencari suaka diselamatkan nelayan Aceh Utara, setelah terombang ambing di lautan. Saat ini mereka berada di penampungan sementara, gedung Balai Latihan Kerja (BLK) di Desa Mee Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe. []

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.