Tuesday, January 31, 2023
spot_img

Positif Corona di Aceh Meningkat Jadi 27 Kasus

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh menemukan lima kasus baru infeksi virus corona. Kelima kasus baru ini didapat dari hasil penelusuran orang kontak dekat pasangan suami-istri yang positif Covid-19 di Aceh sebelumnya, masing-masing berinisial MS (42) dan DL ( 41), warga Kota Lhokseumawe.

Tambahan 5 kasus pada hari ini, Minggu (14/6), membuat angka positif Covid-19 di Aceh meningkat menjadi 27 kasus. Dari total 27 kasus sampai saat ini, 19 orang di antaranya telah sembuh, dan 1 orang meninggal dunia pada 23 Maret lalu.

“Kelima kasus baru Covid-19 masing-masing berinisial YI (13), MH (14), JH (16), dan RS (63) dari Kota Lhokseumawe. Sedangkan satu orang lainnya, SH (45) merupakan warga Aceh Utara,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), dalam keterangannya, Minggu (14/6) malam.

Ia menjelaskan, kelimanya terdiri dari anak, saudara ipar, dan mertua dari suami-istri, MS dan DL, yang sedang diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia (RSUDCM), Lhokseumawe.

“Kelimanya akan diisolasi di RSUDCM besok pagi untuk perawatan dan pemantauan lebih lanjut,” sebutnya.

SAG menyebut, MS dan DL merupakan pasien positif Covid-19 tanpa gejala atau biasa disebut OTG. Pasangan itu diketahui positif terinfeksi virus corona berawal dari rapid test mandiri yang hasilnya reaktif. Sehingga dilanjutkan dengan swab lendir tenggorokan dan hidungnya.

Menurutnya, hasil pemeriksaan swab dengan sistem real time polymerase chain reaktion (RT-PCR) Laboratorium Penyakit Infeksi Universitas Syiah Kuala (Usyiah), diketahui pasangan itu positif Covid-19 pada Rabu, 10 Juni 2020.

Menyikapi dua OTG yang positif Covid-19 tersebut, kata SAG, Tim Surveilens Gugus Tugas Covid-19 mengambil swab 23 orang yang memiliki kontak langsung dengan MS atau DL, anggota keluarga dan teman dekatnya pada 12 Juni. Spesimen swab itu kemudian dikirim ke Balai Litbangkes Aceh di Lambaro, Aceh Besar.

“Hasil pemeriksaan RT-PCR ternyata 5 orang terkonfirmasi positif Covid-19, dan kelimanya memiliki hubungan keluarga dengan pasangan suami-istri tersebut,” ujar SAG.

“Tim Surveilans Gugus Tugas Covid-19 juga tengah menelusuri lebih lanjut riwayat terpapar virus corona MS maupun DL. Ada informasi MS atau DL pernah ke Medan, namun sedang didalami akurasi informasi itu lebih rinci, seperti waktu pergi dan kembali ke Kota Lhokseumawe,” sambungnya.

Positif Corona di Aceh Meningkat Jadi 27 Kasus
Positif Corona di Aceh Meningkat Jadi 27 Kasus

Lebih lanjut, SAG manyampaikan data terbaru terkait percepatan penanganan Covid-19 oleh Gugus Tugas Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota per Minggu (14/6) pukul 15.00 WIB.

“Bila kemarin masih tercatat 22 kasus positif COVID-19 di Aceh, hari ini menjadi 27 kasus. Rinciannya, 2 orang dalam perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19 dan akan dirujuk 5 orang lagi, Senin (15/6). 18 orang sudah sembuh, dan 1 orang meninggal dunia pada 23 Maret 2020,” ujar SAG.

Ia menambahkan, sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh hari ini bertambah 12 menjadi 2.217 orang. “ODP dalam pemantauan Gugus Tugas COVID-19 sebanyak 158 orang. Sedangkan sebanyak 2.059 orang telah selesai menjalani masa isolasi secara mandiri, selama 14 hari,” sebutnya.

Adapun jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Aceh saat ini, kata SAG, sebanyak 115 orang. Ia merincikan, PDP yang sedang dirawat dilaporkan sebanyak 2 orang, sudah sembuh 112 orang, dan meninggal dunia sebanyak 1 orang pada Maret 2020 lalu.

“Kami ingatkan, selain ada ODP, PDP, dan Covid-19, di sekitar kita kemungkinan juga ada OTG yang berpotensi menularkan. Tak perlu panik menyikapinya, melainkan tetap jaga jarak fisik minimal satu meter, kenakan masker, dan cuci tangan sesering mungkin,” ujarnya.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,710FollowersFollow
23,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU