Saturday, May 25, 2024
spot_img

Pendiri RUMAN Aceh Bicara Kerelawanan di Sekolah Fatih

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Dalam seminar dari rangkaian Career Planning Day, manajemen Teuku Nyak Arif Fatih Biligual School Aceh menghadirkan Ahmad Arif, Pendiri dan Pembina Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) RUMAN Aceh sebagai narasumber.

Seminar berlangsung Sabtu (11/2/2023) di aula sekolah tersebut, di Lamnyong, Syiah Kuala, Banda Aceh. Mengangkat tema “Life as a Volunteer” dan diikuti 170-an siswa mereka dari jenjang SMP & SMA.

Sebagai pembuka materi, Arif memutarkan film dokumenter produksi Museum Tsunami Aceh tahun 2021 tentang kesaksian beberapa relawan, salah satunya adalah Arif beserta istrinya, Rizky Sopya.

“Tujuan hidup kita adalah menjadi bermanfaat, menjadi baik yang membaikkan bagi sesama. Kalau sekedar hidup, hewan di hutan belantara pun, hidup. Begitu Buya Hamka tegaskan puluhan tahun silam,” ujarnya.

Arif kemudian, fondasi kerelawanan yang diejawantahkan bersama RUMAN Aceh adalah meluangkan waktu, bukan sekedar waktu luang dan dilakukan secara berkelanjutan (konsisten) walau sederhana.

Diputarkan pula video reportase Kompas TV pada Ramadhan 2019 lalu perihal relawan cilik literasi RUMAN Aceh yang masih berusia 11 tahun, kelas 5 SD.

Para siswa mengikuti dengan sangat antusias. Hal ini terlihat pada sesi tanya jawab. Panitia terpaksa membatasi penanya.

Seusai seminar, panitia mengirimkan surat bertulis tangan dari siswa. Salah satunya dalam bahasa Inggris sebagai berikut; “Thank you for sharing your experience in this school. It make me motivated dor making an organization like you too. (Terima kasih telah berbagi pengalaman Anda di sekolah ini. Hal tersebut memotivasi saya untuk membentuk organisasi seperti Anda)”.

[Ruman Aceh]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU