Sunday, December 3, 2023
spot_img

MJC Wisuda Lulusan Angkatan XVII

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Muharram Journalism College (MJC) yang dikelola Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Banda Aceh, mewisuda 11 lulusan angkatan XVII. Prosesi wisuda yang diselingi kenduri Kuah Beulangong tersebut digelar di Pantai Riting, Kecamatan Leupung, Aceh Besar, Ahad (22/10/2023).

Pada wisuda lulusan MJC Banda Aceh angkatan ke-17 itu, tiga mahasiswa terpilih menjadi wisudawan terbaik: Nadya Safriani, Al Muttaqin, dan Riski Hardian Saputra. Sementara itu Nasruddin menjadi lulusan favorit.

Kepala MJC Banda Aceh Reza Munawir mengatakan, angkatan ini cukup kompak selama proses perkuliahan sehingga menjadi energi untuk segera membuka pendaftaran angkatan baru.

Menurutnya, rata-rata mahasiswa MJC sebelum menyelesaikan kuliahnya tertampung di media massa. “Bahkan diminta oleh pemilik media untuk dipekerjakan sebagai jurnalis,” ujarnya.

Meski telah diwisuda, kata Reza, proses belajar ilmu jurnalistik tidak pernah selesai, apalagi media massa makin berkembang.

“Nanti kalian tetap bisa belajar di luar kelas dengan teman-teman AJI,” kata Reza.

Mukhtaruddin Yakob, salah satu penggagas MJC, mengatakan pemilik media massa kesulitan merekrut jurnalis berkapasitas, dan kehadiran MJC memudahkan hal tersebut. Dia memberi semangat kepada pengurus MJC karena acap kali sekolah jurnalistik pasang surut.

Sementara Ketua AJI Banda Aceh Juli Amin menyebutkan dalam jurnalistik tidak ada yang senior dari sisi usia, karena yang senior hanyalah karya dan etika dalam profesi. Saat ini, kata dia, ada yang mengaku media massa tapi konten di dalamnya tidak sesuai nilai-nilai jurnalistik.

“Ada yang berpendapat bahwa jurnalis itu bisa menulis dan punya media, tapi sebenarnya jurnalis itu menulis sesuai kaidah jurnalistik, dan ini yang diajarkan di MJC,” kata Juli.

Muharram Journalism College (MJC) didirikan AJI Kota Banda Aceh yang diresmikan pada 22 November 2008. Selain menjadi pintu masuk sebagai jurnalis profesional, MJC juga menjadi tempat memperdalam ilmu jurnalistik.

Sekolah MJC telah melahirkan jurnalis-jurnalis profesional yang tersebar di berbagai media baik lokal di Aceh maupun nasional. Tak hanya itu, juga ada di bidang humas, perfilman, serta konten kreator.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU