Monday, June 17, 2024
spot_img

Ini Rahasia Memasak Nasi Pulen dan Wangi di Rumah Pakai Rice Cooker

Nasi adalah makanan pokok yang harus ada di meja makan orang Indonesia. Rasanya belum dianggap makan kalau belum makan nasi. Oleh sebab itu teknik memasak nasi pulen menjadi sangat penting untuk menciptakan makanan yang enak dan menggugah selera. Jika nasinya sudah enak, maka disajikan dengan lauk apapun akan terasa lebih enak.

Ini Rahasia Memasak Nasi Pulen dan Wangi di Rumah Pakai Rice Cooker

Apa sih rahasianya agar dapat memasak nasi pulen dan wangi di rumah tanpa harus membeli beras super pulen wangi yang harganya pasti mahal. Sebenarnya itu semua ada caranya berhubungan dengan takaran air dan treatment yang harus dilakukan pada beras. Simak cara lengkapnya di bawah ini:

1. Cuci Beras Maksimal 3 Kali

Pertama-tama cucilah beras yang akan dimasak dengan benar. Anda bisa mencobanya hingga air lumayan bening, tapi maksimal cukup 3 kali saja. Jangan mencuci beras terlalu lama karena justru menghilangkan banyak zat gizinya seperti serat dan vitamin yang larut air. Selain itu mencuci terlalu lama dapat mengubah citarasa berasnya.

2. Pastikan Takaran Air Pas 1:2

Cara paling mudah untuk membuat nasi pulen adalah dengan mengukur secara tepat takaran air yang digunakan. Anda bisa menggunakan perbandingan takaran air 1:2, artinya setiap akan memasak 1 cup beras berarti Anda membutuhkan 2 cup air. Jika Anda tidak memiliki ukuran cup maka Anda bisa menggunakan cara sederhana yaitu air harus 2 ruas jari di atas beras.

3. Tambahkan Garam Sebelum Dimasak

Selain bisa menambah citarasa, garam ternyata juga bisa berfungsi sebagai pengawet alami untuk makanan. Menambahkan garam sebelum menanak nasi memiliki tujuan agar nasi lebih awet dan tidak cepat basi serta pulen dan lebih enak dan gurih. Tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam beras yang siap dimasak, aduk sampai larut kemudian masak.

4. Aduk Nasi Bila Sudah Matang

Mengaduk nasi setelah matang ternyata ada tujuannya yaitu untuk mengeluarkan uap air agar nasi tidak cepat basi. Bagi Anda yang menggunakan rice cooker atau magic com, diamkan dulu 5-10 menit setelah matang, kemudian baru diaduk nasinya agar uapnya keluar. Dengan diaduk nasi akan pulen merata.

5. Tambahkan Tepung Maizena

Rahasia memasak nasi pulen selanjutnya yang belum banyak diketahui orang adalah dengan menambahkan tepung maizena saat menanak nasi. Anda bisa menambahkan 1 sendok teh tepung maizena ke dalam dua cangkir beras yang siap dimasak. Aduk sampai larut, baru kemudian pencet tombol cook.

6. Tambahkan Pandan atau Bumbu Aromatik

Selain pulen, nasi yang wangi juga akan menambah selera makan bagi setiap orang. Membuat nasi wangi akan sangat mudah jika Anda membeli beras yang wangi, namun harganya tentu cukup mahal. Jadi cara lainnya untuk menciptakan aroma wangi pada nasi adalah dengan menambahkan daun pandan atau bumbu aromatik lainnya seperti daun jeruk, daun dalam, jahe, serai dan lainnya untuk menambah aroma nasi.

Nasi yang putih, pulen dan wangi akan menggugah selera makan siapa pun yang berada di depannya. Namun beras yang memiliki tekstur pulen biasanya memiliki harga yang lebih mahal dari beras lainnya. Di sinilah teknik memasak nasi pulen seperti di atas harus dikeluarkan agar dapat menyajikan nasi pulen di meja makan.

Selain menerapkan cara menanak nasi yang benar agar pulen, sangat penting memilih rice cooker yang benar. Salah satu rekomendasi rice cooker untuk menghasilkan nasi pulen adalah merk Cuckoo. Merk rice cooker asal Korea yang sudah terbukti kualitasnya dalam menghasilkan nasi pulen dan enak. Anda bisa membeli rice cooker cuckoo hanya di Blibli yang selalu menawarkan banyak promo.

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU