Saturday, June 22, 2024
spot_img

Mahasiswa dan Pemuda Aceh Gelar Aksi Solidaritas 18 Tahun Kematian Aktivis Munir

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Puluhan pemuda dan mahasiswa Aceh yang tergabung dalam Forum Solidaritas untuk Munir (ForSMUR) menggelar aksi solidaritas memperingati 18 tahun kematian aktivis HAM, Munir Said Thalib. Aksi digelar di Tugu Bundaran Simpang Lima, Kota Banda Aceh, Rabu (7/9/2022).

Forum Solidaritas untuk Munir (ForSMUR) terdiri dari berbagai lapisan kalangan, di antaranya Alumni Sekolah HAM KontraS Aceh, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Kohati, serta para seniman muda.

Koordinator lapangan Rozhatul Valica dalam orasinya menyampaikan tuntutan kepada Komnas HAM untuk menetapkan kasus pembunuhan Munir sebagai kasus pelanggaran HAM berat.

“Kami mengecam atas lambannya penanganan kasus Munir, hingga jelang memasuki masa kedaluwarsa, ini jelas akan membuka terjadinya impunitas pada pelaku,” ujar Rozha.

Ikhwan, alumni Sekolah HAM KontraS Aceh saat berorasi di Bundaran Simpang Lima menyebutkan bahwa aksi hari ini sebagai pengingat bahwa negara tidak serius menangani kasus Munir.

“Buktinya kasus ini sudah dua tahun di Komnas HAM dan harusnya sudah selesai. Ini menjadi langkah pemerintah melanggengkan Impunitas dan melindungi penjahat HAM di negeri ini,” kata Ikhwan.

Aksi solidaritas 18 tahun kematian Munir di Tugu Bundaran Simpang Lima juga diselingi aksi teatrikal, dan berlanjut dengan pembacaan beberapa puisi bertema Munir yang merupakan hasil sayembara yang digelar KontraS Aceh beberapa hari sebelumnya.

Di tengah-tengah orasi, aksi tersebut juga disertai live painting (melukis) oleh seniman perempuan, Arifa Safura dan Alika.

Seperti diketahi, hari ini 18 tahun yang lalu, tepatnya pada 7 September 2004, Munir Said Thalib meninggal di atas pesawat yang akan menerbangkannya ke Belanda. Aktivits HAM itu dibunuh dengan cara diracun. Namun, penetapan status pembunuhan Munir sebagai pelanggaran HAM berat hingga saat ini belum menemukan titik terang. []

Munir: Tak Punya Pacar, Rapor Pas-pasan

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU