Monday, September 26, 2022
spot_img

Jaga Ketahanan Pangan, Gampong Pulo Teungoh Aceh Barat Tanam Jagung Hibrida

MEULABOH | ACEHKITA.COM – Kepala DPMG Aceh Barat, Teuku Juanda mengunjungi Gampong Pulo Teungoh, Kecamatan Pante Ceureumen untuk monitoring pelaksanaan ketahanan pangan bersumber dari APBG 2022, Kamis (22/9/2022).

Dalam monitoring ini, Juanda didampingi oleh Danposramil dan Kapolsek Pante Ceureumen serta Kabid Pemberdayaan Masyarakat DPMG Aceh Barat. “Budidaya jagung hibrida salah satu bentuk kegiatan ketahanan pangan yang sedang gencar dilaksakan oleh pemerintah untuk meningkatkan pendapatan para petani,” katanya.

Camat Pante Ceuremen, Zulkarnaini, mengatakan saat ini Kecamatan Pante Ceureumen sedang menggalakkan penanaman jagung hibridra untuk melanjutkan program Keperantaraan Pasar di 15 gampong lain dengan total lahan 45 hektar.

Para petani yang tergabung dalam beberapa kelompok tani akan diikat dalam wadah koperasi untuk memudahkan dalam mengelola hasil panen. Penanaman ini merupakan penanaman kedua setelah hasil panen perdana sukses di hubungkan dengan pabrik pakan ternak di Sumatera Utara.

Keuchik Gampong Pulo Teungoh, M. Nasir sangat mengapresiasi program ini. Masyarakat sangat senang walaupun program ini bukan murni bantuan, namun petani bisa mengakses dana pinjaman dari gampong sebagai pemodal.

Selain gampong akan mendapatkan Pendapatan Asli Gampong (PAG), masyarakat juga mendapatkan penghasilan tambahan melalui pola PKTD. [Haris]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,603FollowersFollow
23,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU