Friday, December 2, 2022
spot_img

Jadi Obat Tradisional Khas Indonesia, Inilah Bumbu Dapur yang Dijadikan Jamu Mujarab

Indonesia sejak dulu dikenal memiliki kekayaan berupa hasil bumi dan rempah-rempah yang beragam. Tanaman herbal seperti kunyit tidak hanya bisa dipakai untuk memasak dan membuat kuah berwarna kuning. Namun bisa juga diolah jadi jamu yang sangat memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Ada banyak tanaman yang bisa diolah jadi obat tradisional khas Indonesia dan membuat badan lebih bugar dan menyembuhkan orang sakit.

Dulu sebelum masa kemerdekaan, belum dikenal obat-obatan modern, sehingga masyarakat mengkonsumsi jamu sebagai gantinya. Walau dibuat dari tanaman, tetapi jamu dijamin bisa mengatasi banyak jenis penyakit, dan sangat mujarab. Indonesia dikenal sebagai ‘surga’ bagi tumbuhan yang berkhasiat untuk tubuh.

5 Obat Tradisional Khas Indonesia

Anda ingin membuat jamu sendiri? Berikut ini beberapa bumbu dapur yang bisa dijadikan bahan obat tradisional dan dijamin berkhasiat:

1. Kunyit
Pernahkah Anda mengkonsumsi minuman kunyit asam? Kunyit atau kunir adalah bumbu dapur yang bisa membuat makanan atau kuah berwarna kuning. Namun ia memiliki khasiat lain dan ketika dijadikan jamu kunyit asam, bisa meredakan nyeri di perut akibat menstruasi. Tak heran banyak remaja putri dan ibu-ibu yang minum sari kunyit asam (dan biasanya ditambah dengan madu murni) agar mereka bisa beraktivitas dengan lancar, meski sedang haid.

Kunyit yang diparut dan diseduh air hangat, bisa meredakan sakit perut yang melilit akibat maag, karena mengandung zat bernama kurkumin. Selain itu, kurkumin juga mengandung anti oksidan, sehingga bagus untuk kesehatan tubuh dan melindungi dari racun serta radikal bebas.

2. Jahe
Selain kunyit, jahe juga memiliki khasiat yang bagus, karena bisa mengatasi pegal-pegal. Jahe biasanya dibersihkan lalu dibakar dan digeprek untuk dijadikan minuman STMJ (susu, telur, madu, dan jahe). Namun sari jahe juga bisa diminum dengan gula dan berkhasiat untuk menyembuhkan perut kembung. Pastikan Anda memiliki persediaan jahe untuk minuman herbal, terutama di musim hujan.

3. Kencur
Kencur juga menjadi obat tradisional khas Indonesia yang memiliki banyak manfaat dan dijadikan jamu beras kencur. Jamu ini bisa meredakan pegal-pegal dan rasanya sangat segar. Selain itu, dengan rutin mengkonsumsi sari kencur, maka akan menurunkan tensi sehingga Anda makin sehat.

4. Temulawak
Anak-anak selalu menutup mulut dan susah makan padahal sudah dimasakkan lauk kesukaannya? Anda tak perlu khawatir karena situasi runyam ini bisa diakhiri dengan memberikan mereka jamu temulawak. Parutan temulawak diberi air dan madu agar rasanya lebih manis, lalu diminumkan ke anak-anak, nanti nafsu makan mereka akan kembali membaik.

5. Jeruk Nipis
Sejak dulu, jeruk nipis juga dijadikan minuman tradisional yang bermanfaat untuk meredakan batuk. Perasan jeruk nipis mengandung vitamin C sehingga bisa mengatrasi sariawan dan baik untuk menjaga ketahanan tubuh. Jika Anda sedang diet maka minumlah perasan jeruk nipis yang dicampur air hangat setiap pagi (sebelum sarapan) karena bisa melancarkan pencernaan. Sementara jeruk nipisnya bisa digosokkan ke wajah untuk mencegah munculnya jerawat nakal.

Ada banyak obat tradisional khas Indonesia yang memiliki banyak manfaat dan tanamannya ada di sekitar rumah Anda. Jika badan terasa pegal dan masuk angin maka bisa membuat sari jahe. Ada juga herbal lain yang berkhasiat seperti kunyit, kencur, dan jeruk nipis.

Apakah Anda ingin jamu yang praktis tanpa harus memarut herbal sendiri? Jamu Sido Muncul adalah jawabannya karena memiliki banyak varian yang membuat badan lebih sehat dan meningkatkan imunitas. Sido Muncul sudah ada sejak tahun 1951 dan dipercaya oleh seluruh rakyat Indonesia. Dapatkan produk-produk Sido Muncul hanya di marketplace Blibli, dan paketnya akan diantar kurir dengan senang hati.

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,636FollowersFollow
23,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU