Friday, December 2, 2022
spot_img

Gerhana Bulan Total, Kemenag Aceh Imbau Gelar Salat Khusuf

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh menyampaikan bahwa gerhana bulan total diprediksi bisa disaksikan di langit Aceh pada hari ini, Selasa (8/11/2022). Fenomena itu berlangsung saat bulan terbit di ufuk timur pukul 18.17 WIB.

Menurut Kakanwil Kemenag Aceh, Dr Iqbal, gerhana bulan jangan dikaitkan dengan kematian, musibah atau hal-hal buruk lainnya karena gerhana bulan merupakan fenomena alam untuk menegaskan keagungan dan kebesaran Allah. Ia mengimbau masyarakat untuk melaksanakan salat sunnah Khusuf saat terjadi gerhana bulan total.

“Agar imam masjid dan musala/meunasah di seluruh Aceh dapat melaksanakan salat sunnah gerhana (khusuf al-qamar) yang dilanjutkan dengan sedikit khutbah gerhana pada saat gerhana terjadi, dianjurkan setelah salat magrib berjemaah tepat ketika sedang terjadi gerhana bulan total,” kata Iqbal, dikutip dari laman resmi Kemenag Aceh, Selasa (8/11).

Salat gerhana bulan (khusuf al-qamar) dilaksanakan dua rakaat dengan dua kali rukuk pada setiap rakaatnya. Adapun di antara rukuk pada setiap rakaat dibacakan beberapa ayat Al-Qur’an. Tata cara ini juga berlaku pada rakaat kedua sehingga dalam dua rakaat salat gerhana terdapat empat kali rukuk dan empat kali membaca ayat-ayat Al-Qur’an.

Kemenag Aceh Gunakan 6 Teleskop Pantau Gerhana Bulan

Iqbal menyebutkan bahwa Kanwil Kemenag Aceh menyiapkan enam unit teleskop untuk pengamatan gerhana bulan total yang terjadi hari ini, Selasa (8/11). Ia mengatakan, pemantauan dipusatkan di lantai 3 Ma’had Darut Tahfiz Al Ikhlas, Desa Ajuen, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

“Insyaallah pengamatan gerhana bulan total dan salat khusuf dipusatkan di lantai 3 Ma’had Darut Tahfiz Al Ikhlas, Desa Ajuen, dengan menggunakan enam unit teleskop astronomi,” ujarnya.

Ia mengatakan, masyarakat dapat memantau proses terjadinya gerhana dengan cara melihat langsung ke arah timur ketika bulan mulai terbit pada pukul 18.17 WIB sampai dengan berakhir gerhana sebagian pukul 19.49 WIB.

“Atau dapat menyaksikan secara live peristiwa gerhana bulan pada channel YouTube Kemenag Aceh atau Facebook Kemenag Aceh,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra, menyampaikan bahwa gerhana bulan diperkirakan terjadi sejak pukul 15.08 WIB yang diawali dengan gerhana bulan penumbra.

Kemudian, akan terjadi gerhana bulan sebagian pada pukul 16.08 WIB. Awal gerhana bulan total tersebut akan terjadi pada pukul 17.16 WIB, di mana puncaknya pada pukul 17.16 WIB dan puncak gerhana tersebut akan berakhir pada pukul 18.42 WIB.

Menurut Alfirdaus, setelah gerhana bulan total, fenomena berlanjut dengan gerhana bulan sebagian hingga pukul 19.49 WIB dan akhir penumbra terjadi pada pukul 20.57 WIB.

“Secara keseluruhan, gerhana akan terjadi selama 5 jam 57 menit, akan tetapi wilayah Aceh hanya dapat menikmati gerhana ini selama 1 jam 32 menit, sejak pukul 18.17 ketika bulan mulai terbit di arah timur,” ujarnya.

“Adapun gerhana bulan total hanya dapat dilihat di wilayah Aceh sekitar 25 menit saja,” tutup Alfirdaus. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,636FollowersFollow
23,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU