Dishub Aceh Sediakan Kursi Prioritas di Halte Bus Trans Kutaraja

0
1499
Dishub Aceh Sediakan Kursi Prioritas di Halte Bus Trans Kutaraja
Pemasangan kover kursi prioritas untuk pengguna berkebutuhan khusus di halte bus Trans Kutaraja, Banda Aceh, Kamis (31/10). (Foto: Twitter @aceh_dishub)

Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh menempatkan kursi prioritas bagi pengguna berkebutuhan khusus, di halte utama bus Trans Kutaraja di dekat Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Kamis (31/10). Kursi prioritas ini dikhususkan bagi wanita hamil, difabel, lanjut usia dan orang membawa bayi.

Peresmian kursi prioritas tersebut ditandai dengan pemasangan kover tanda khusus oleh Kepala Dishub Aceh, Junaidi, bersama Kepala UPTD Angkutan Massal Trans Kutaraja, M. Al-Qadri.

“Kita berharap pengguna bus saling menghargai sesama. Berilah kesempatan bagi pengguna berkebutuhan khusus mendapatkan fasilitas yang telah kita sediakan,” ujar Junaidi, seperti dikutip laman resmi Dishub Aceh.

Sementara itu, Al Qadri menyebut, kursi prioritas tersebut sebagai media untuk mengajak masyarakat lebih berempati kepada pengguna berkebutuhan khusus. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 98 Tahun 2017 tentang penyediaan aksesibilitas pada pelayanan jasa transportasi publik bagi pengguna jasa berkebutuhan khusus.

Al Qadri menambahkan, untuk tahap awal sudah dicetak 10 penanda kursi prioritas di halte bus Trans Kutaraja. Sebanyak empat kursi prioritas dipasang di halte Masjid Raya Baiturrahman, dua tanda dipasang di halte RSUZA, dua tanda dipasang di halte Hotel Kuala Raja, satu tanda di halte Bulog, dan satu tanda di halte Gampong Keramat.

“Ke depannya akan dilakukan pemasangan tanda kursi prioritas di semua halte bus Trans Koetaradja,” sebutnya.

Seperti diketahui, di dalam Bus Trans Koetaradja juga telah tersedia kursi bagi pengguna berkebutuhan khusus. “Bus yang telah ada di Kota Banda Aceh ini sejak tahun 2016 terus berinovasi dan memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujar Al Qadri.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.