Hadiri Maulid Raya, Plt Gubernur Ajak Masyarakat Aceh Teladani Akhlak Rasulullah

0
369
Hadiri Maulid Raya, Plt Gubernur Ajak Masyarakat Aceh Teladani Akhlak Rasulullah
Hadiri Maulid Raya, Plt Gubernur Ajak Masyarakat Aceh Teladani Akhlak Rasulullah

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk meneladani akhlak Rasulullah Nabi Muhammad SAW. “Sikap keteladanan Rasulullah adalah warisan paling sempurna bagi kita,” kata Nova saat menghadiri Maulid Raya Kota Banda Aceh di Lapangan Blang Padang, Kamis (6/2).

Nova mengimbau khususnya bagi generasi milenial, untuk tidak ragu mendudukkan Rasulullah dengan sikap perilakunya sebagai referensi utama. Dengan itu, kata Nova, Insya Allah segala perjuangan manusia dalam semua aspek kehidupan akan sukses.

“Sikap dan ketauladan Nabi bukan untuk ulama dan kami yang tua-tua, tapi buat kita semua. Perilaku Nabi sangat relevan bahkan sampai akhir zaman,” kata Nova.

Maulid Raya digelar Pemerintah Kota Banda Aceh dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah, merupakan agenda rutin tahunan. Animo masyarakat terlihat sangat besar, ribuan warga memadati lapangan di tengah kota yang turut menghadirkan Ustaz Das’ad Latif sebagai penceramah.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, mengatakan partisipasi masyarakat dalam maulid tahun ini menunjukkan peningkatan. Di mana ada 808 hidangan yang sebagian besarnya disediakan oleh masyarakat seluruh gampong di Kota Banda Aceh.

“Kalau kita ukur dengan uang pastinya bisa menghabiskan 5 miliar,” kata Aminullah. Pihaknya hanya menyediakan tenda untuk menampung ribuan warga yang ikut dalam kegiatan tahunan itu.

Selain itu, panitia juga menyantuni 1.000 anak yatim dan 700 disabilitas di Kota Banda Aceh. Pihak panitia juga mengundang tamu luar negeri. Aminullah merinci mereka yang hadir adalah tamu dari Turki, Jepang, Malaysia dan beberapa negera eropa lainnya.

Penceramah Ustaz Das’ad Latif dalam tausiahnya menyebutkan salah satu tujuan merayakan dan menghadiri maulid adalah mendengar cerita sejarah Nabi Muhammad SAW. “Dengan itu kita bisa mengamalkan apa yang dilakukan Nabi Muhammad,” kata dia.

Das’ad mengatakan peringatan maulid merupakan wujud kecintaan kepada Rasulullah dan menyampaikan syukur pada Allah. Salah satu cara bersyukur kepada Allah adalah dengan cara meneladani akhlak Rasulullah.[]

ACEHKITA.COM mendapatkan bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.