Bertambah 1, Total Kasus Positif Corona di Aceh Jadi 90

0
128
3 Mahasiswa Malaysia yang Pulang dari Aceh Dinyatakan Positif COVID-19
Petugas medis yang menangani pasien COVID-19 di Aceh. (Foto: Ucok Parta/acehkita)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Hingga Kamis (9/7) sore, total kasus positif terinfeksi virus Corona di Aceh menjadi 90. Jumlah tersebut setelah bertambah satu kasus baru COVID-19 pada hari itu yang tercatat warga Kota Banda Aceh.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG) menyampaikan kasus ke-90 di Aceh seorang laki-laki berusia 68 tahun. Menurutnya informasi tersebut sebagaimana disampaikan Koordinatior Tim Pelayanan Penyakit Emerging RSUDZA Banda Aceh, dr. Novina Rahmawati.

Ia menyebut, pasien tersebut dibawa ke IGD RSUDZA Banda Aceh dalam kondisi lemas dan sesak napas, serta memiliki penyakit penyerta (komorbid) hipertensi. Hasil uji swab nasofaring dan orofaring dengan RT PCR di Balitbangkes Aceh yang diperoleh Kamis (9/7) pagi, terkonfirmasi positif COVID-19.

“Pasien Kasus 90 tersebut kini dirawat di RICU RSUZA Banda Aceh,” ujar SAG dalam keterangannya, Kamis malam.

Dengan bertambah satu kasus baru tersebut, kata SAG, akumulasi kasus COVID-19 di Aceh sudah mencapai 90 kasus per 9 Juli 2020 pukul 15.00 WIB.

“Yakni 33 orang sedang dirawat di rumah sakit rujukan, 54 orang sudah sembuh, dan 3 orang meninggal dunia,” sebutnya.

Lebih lanjut, SAG menyampaikan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh hari ini sebanyak 2.306 orang. “Tidak ada penambahan ODP baru hari ini,” katanya.

Ia merincikan, ODP yang masih dalam pemantauan Gugus Tugas Covid-19 kabupaten/kota sebanyak 45 orang. Sedangkan sebanyak 2.261 orang sudah selesai menjalani proses pemantauan atau isolasi secara mandiri.

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 129 kasus. SAG menyebut ada penambahan 3 PDP yang baru pada Kamis (9/7).

“PDP dalam perawatan rumah sakit rujukan Covid-19 kabupaten/kota saat ini sebanyak 5 orang. PDP yang sudah sembuh sebanyak 123 orang. PDP yang meninggal dunia hanya 1 orang, pada 25 Maret 2020 lalu,” ujar SAG.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.