Saturday, April 20, 2024
spot_img

Bangunan Makam Cut Meutia di Aceh Utara Rusak Tertimpa Pohon

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Bangunan makam Pahlawan Nasional, Cut Meutia, rusak tertimpa pohon tumbang akibat angin kencang beberapa waktu lalu. Kejadian ini turut merusak nisan makam yang terletak di pelosok hutan Desa Alue Rime, Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara.

“Ada dua batang pohon besar yang menimpa bangunan makam dan tugu di kompleks itu,” ujar Mudawali, penjaga makam Cut Meutia, Senin (6/7).

Menurutnya, sebatang pohon berukuran diameter 1,5 meter yang tumbang menimpa bangunan makam pada Rabu (1/7) malam. Sementara sekitar sepuluh hari sebelumnya, pohon tumbang juga merusak tugu bertuliskan “Makam Pahlawan Nasional Cut Meutia”.

Selain makam Cut Meutia, sambung Mudawali, kejadian itu turut menimpa makam guru Cut Meutia, Teungku Seupot, yang letaknya bersisian.

“Saat kejadian tidak ada orang di sana. Saya tahu ketika besoknya saya mengunjungi makam. Kemudian saya membersihkan ranting-ranting kayu di makam dengan mahasiswa yang kebetulan mengunjungi makam,” kata Mudawali.

Ia menyebut, letak makam Cut Meutia berada sekitar 23 kilometer dari permukiman Desa Alue Rime. Butuh sekitar 12 jam untuk mencapai makam dengan berjalan kaki. “Sekarang tidak bisa dilalui kendaraan, karena jalan rusak parah karena musim hujan,” sebutnya.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU