Wednesday, September 28, 2022
spot_img

Banda Aceh Ditetapkan Sebagai Penyelenggara API Award 2022

JAKARTA | ACEHKITA.COM – Kota Banda Aceh ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan malam Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2022 oleh Kemenparekraf.

Hal ini mengemuka pada pertemuan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dengan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Rizki Handayani, di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf, Jakarta, Senin (31/1/2022).

Pada pertemuan ini disampaikan Provinsi Aceh telah ditetapkan sebagai tuan rumah dengan lokasi penyelenggaraan di Kota Banda Aceh. Wali Kota Aminullah Usman menyambut baik diberi kepercayaan sebagai tuan rumah malam puncak API 2022 karena akan menjadi momentum berharga untuk memperkenalkan berbagai produk pariwisata ‘Kota Gemilang’.

Kata Aminullah, momentum tersebut akan menjadi ajang bagi Banda Aceh mempromosikan produk unggulan lokal ke seluruh nusantara, termasuk kopi. “Tentunya kami ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan produk unggulan kami, banyak produk dari UMKM dan tentunya kopi juga,” ujarnya.

Ia mengatakan, meski konsep dan tema API 2022 belum diputuskan, namun ia ingin mengajukan ‘Kopi Aceh untuk Dunia’ sebagai tema untuk dapat dipertimbangkan pihak Kemenparekraf.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kementerian Kemenparekraf RI, Rizki Handayani mengungkapkan keyakinannya Banda Aceh mampu menyukseskan acara tersebut. “Terkait dengan tuan rumah, saya yakin API tahun ini akan sukses di Banda Aceh. Selama ini Saya lihat event-event di Aceh selalu di atas standar dari daerah lain,” ujarnya.

Soal kopi, ia juga sepakat dengan Wali Kota Aminullah dimana Aceh selama ini dikenal dengan kuliner, apalagi jika ada inovasi-inovasi baru yang dilakukan terhadap produk kopi tentu menarik minat pasar dunia.

Kepada pihak penyelenggara Malam Anugerah API, Rizki Handayani menyarankan dalam pemilihan tahun ini dapat menonjolkan award yang sejalan dengan isu-isu kepariwisataan globlal. “Bagaimana destinasi, pengelolaan tourism sustainable, ada SDGs-nya juga. Harus ada katagorinya itu, jadi API ini sejalan dengan isu globlal,” lanjutnya.

Malam puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2022 rencananya akan digelar pada November 2022. API tahun ini menjadi tahun ketiga yang digelar di luar Jakarta. Pada tahun 2020 NTT ditunjuk sebagai tuan rumah. Kemudian pada tahun 2021 digelar di Musi Banyuasin. Dan untuk tahun ini Kota Banda Aceh mendapat kepercayaan menggelar event bergengsi tersebut.

Terkait teknis pelaksanaan, pihak Kemenparekraf bersama dengan penyelenggara API, Dispar Banda Aceh dan Pihak Disbudpar Aceh akan melamukan pertemuan-pertemuan lanjutan untuk membahas konsep even secara lebih detail. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,611FollowersFollow
23,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU