Saturday, February 4, 2023
spot_img

ASN UIN Ar-Raniry Ikuti Survei Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Kementerian Agama Republik Indonesia menggelar Survei Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama (IPMB). Survei tersebut dilaksanakan serentak seluruh Indonesia berbasis Computer Assisted Test (CAT) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh salah satu dari 1.160 titik lokasi tes tersebut.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat membuka kegiatan tersebut melalui zoom meeting, mengatakan bahwa pelaksanaan CAT IPMB tersebut wajib diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui indeks Profesional Moderasi Beragama yang akan muncul di profil ASN Kementerian Agama. Serta diharapkan ASN Kementerian Agama harus menjadi motor penggerak Moderasi Beragama di Indonesia,” kata Menag Yaqut, Selasa (27/12/2022).

Menag mengharapkan semoga dengan asesmen ini akan menambah mutu dan kualitas kinerja seluruh ASN Kementerian Agama RI, serta dapat memberikan pelayanan prima kepada publik.

“Kita semua turut bersyukur pada tahun ini, Kementerian Agama Republik Indonesia mendapatkan banyak sekali penghargaan dari institusi-institusi di luar Kementerian Agama. Prestasi ini, tentu bukan karena saya, melainkan karena kinerja dan sinergisitas seluruh Satker-satker yang berada di lingkungan Kementerian Agama,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Gus Men, Survei Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama ini kita gelar agar tetap terus mensupport kinerja serta meningkatkan mutu kualitas pelayanan di Kementerian Agama.

Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Nizar, mengatakan survei IPMB bertujuan mendukung pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 dan Rencana Strategis Kementerian Agama. Survei juga sebagai upaya mewujudkan sumber daya manusia aparatur yang profesional dan moderat.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry Mujiburrahman, saat meninjau lokasi CAT IPMB yang berlangsung di Auditorium Ali Hasjmy, Selasa (27/12) mengatakan, proses pelaksanaan CAT IPMB dengan titik lokasi di kampus UIN Ar-Raniry berjalan baik, persiapannya telah dilaksanakan sejak beberapa hari yang lalu dan sehari sebelum pelaksanaan juga telah dilakukan simulasi.

Rektor menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti CAT IPMB di UIN Ar-Raniry sebanyak 869 orang dan 36 di antaranya ASN dari luar UIN Ar-Raniry. Pelaksanaan tes dibagi empat sesi, yaitu pada sesi pertama 218 peserta, pada sesi kedua, tiga dan empat masing-masing 217 peserta.

Prof Mujib menambahkan, pada sesi pembukaan yang digelar serentak tersebut, di titik lokasi UIN Ar-Raniry turut dihadiri seluruh unsur pimpinan, antara lain para wakil rektor, kepala biro, dan dekan di lingkungan UIN Ar-Raniry.

“Kehadiran para pimpinan mendamping rektor pada kegiatan tersebut dalam rangka memberikan dukungan kepada Menteri Agama RI dalam pelaksanaan CAT IPMB tersebut, serta dukungan langsung kepada para ASN di Lingkungan UIN Ar-Raniry dalam mengikuti survei indeks profesionalisme dan moderasi beragama tersebut,” ujar Mujib. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,719FollowersFollow
23,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU