Thursday, August 5, 2021
spot_img

Aceh Catat Tambahan 166 Kasus Corona, Total Positif Tembus 17.542 Orang

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Satgas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh mencatat penambahan 166 kasus baru positif corona pada Senin (14/6/2021). Total kasus positif menjadi 17.542 orang, sebanyak 13.006 di antaranya telah sembuh, 689 orang meninggal dunia.

Selain itu, Satgas Covid-19 juga melaporkan tambahan pasien yang telah sembuh dari serangan virus corona sebanyak 47 orang, dan enam orang meninggal dunia di Aceh dalam 24 jam terakhir.

“Kasus harian Covid-19 bertambah lagi sebanyak 166 orang di Aceh. Pasien yang sembuh bertambah 47 orang, dan enam orang meninggal dunia. Total korban meninggal dunia akibat terinfeksi dengan virus corona sudah mencapai 689 orang di Aceh,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), dalam keterangannya Senin (14/6) malam.

“Menurut ilmu medis risiko meninggal dunia penderita Covid-19 dapat ditekan serendah mungkin apabila kasus-kasus terinfeksi virus corona diketahui sejak dini,” tambahnya.

SAG menyebutkan, upaya memperkecil risiko keparahan penyakit dan risiko kematian akibat infeksi virus corona dilakukan melalui upaya pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment), yang sering disingkat sebagai 3T.

Menurutnya, pemeriksaan dini terhadap orang yang dicurigai merupakan upaya menemukan kasus lebih cepat untuk segera mendapat tindakan perawatan, baik perawatan rumah sakit maupun isolasi mandiri. Begitu juga proses pelacakan kontak erat Covid-19 untuk deteksi dini dan bila terkonfirmasi positif langsung dirawat di rumah sakit atau isolasi.

Ia mengatakan, penemuan kasus lebih awal dan langsung mendapat perawatan medis (treatment) sangat penting untuk menekan tingkat keparahan penyakit dan memperkecil risiko kematian. Mendukung testing dan tracing yang dilakukan oleh petugas kesehatan (tracer), selain memperkecil risiko kematian juga untuk mencegah penularan virus corona kepada orang lain.

“Satgas Covid-19 Gampong hendaknya meningkatkan dukungan dan membantu kegiatan pemeriksaan dini warga maupun proses pelacakan kontak erat demi menyelamatkan lebih banyak jiwa, dan memutuskan penularan virus corona di tengah warganya,” kata SAG.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, secara kumulatif kasus Covid-19 di Aceh per 14 Juni 2021 telah mencapai 17.542 orang. Rinciannya, pasien yang sudah sembuh sebanyak 13.006 orang. Penderita yang sedang dirawat (kasus aktif) 3.847 orang, dan kasus meninggal dunia sudah tercatat 689 orang. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
20,623FollowersFollow
22,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU