53 Betor Bawa Turis Kapal Pesiar Keliling Kota Sabang

0
1219
(Foto: Humas BPKS)

SABANG | ACEHKITA.COM — Sebanyak 53 pengendara Becak Motor (Betor) di Kota Sabang, Rabu (19/9, ikut ambil bagian dalam melayani para turis penumpang kapal pesiar wisata MS Silver Discover yang singgah di Pelabuhan Container Terminal (CT 1), Teluk Sabang.

“Para turis justru hanya memilih untuk menggunakan becak motor untuk berkeliling ke lokasi-lokasi destinasi yang ada di Kota Sabang,” ujar Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal.

Menurutnya, kunjungan cruise kali ini sedikit berbeda dari kunjungan-kunjungan sebelumnya. Dimana pada kunjungan kali ini para turis penumpang kapal pesiar tersebut telah memilih paket-paket tour yang ditawarkan oleh Travel Agent selama mereka berada di Sabang.

“Bahkan kali ini tidak hanya penumpang yang membeli paket tour wisata, tetapi para anak buah kapal (ABK) juga ikut ambil bagian pada sesi tour selama berada di Sabang,” sebutnya.

Dalam siaran pers disebutkan, becak motor tersebut melayani pada wisatawan asing mengambil rute dari Pelabuhan CT 1, Sabang Fair, Komplek Cempaka, Tugu Kembar, kunjungan ke Sekolah Dasar Negeri Nomor Satu dan selanjutnya kembali ke CT 1 sebelum mereka melanjutkan kembali perjalanan.

Deputi Komersial dan Investasi BPKS, Agus Salim menambahkan, kapal pesiar MS Silver Discover tersebut kapal cruise berbendera Bahamas Nasau dengan ukuran GT 5218. Kapal itu sendiri dinahkodai oleh Kulas Tomasz Piotr.

Sebutnya, kapal itu bersandar di pelabuhan BPKS pada pukul 06.30 WIB setelah menempuh perjalanan dari Simeulue dan akan melanjutkan perjalanan selanjutnya ke Banda Aceh. “Kapal ini agak kecil dibandingkan dengan kapal-kapal cruise yang pernah singgah di Kota Sabang,” ujarnya.

“Silver Discover membawa 94 orang turis mancanegara dengan crew sebanyak 102 orang. Seperti biasanya BPKS tetap melaksanakan persiapan kedatangan kapal dengan standar ISPS,” tambahnya.

Sebelum berkeliling di Kota Sabang, BPKS juga menyuguhkan tarian-tarian penyambut tamu sebagai ucapan selamat datang dengan melibatkan sangar tari yang ada di Kota Sabang dan pengalungan bunga kepada nahkoda kapal.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.