50.555 Nakes di Aceh Sudah Disuntik Vaksin Dosis Pertama, 14.842 Dosis Kedua

vaksinasi nakes di aceh
Tenaga kesehatan di Aceh menerima suntikan vaksin COVID-19. Foto: Ucok Parta

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sebanyak 50.555 tenaga kesehatan (Nakes) di Aceh telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama, atau 89,53 persen dari target 56.470 orang nakes. Sementara itu, sebanyak 14.842 nakes sudah menerima suntikan vaksin Sinovac dosis kedua per 27 Februari 2021.

“Vaksin COVID-19 diberikan dalam dua dosis. Dosis kedua diberikan setelah 14 hari menerima suntikan dosis pertama,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG) dalam keterangannya, Minggu (28/2) malam.

Karena itu, lanjutnya, nakes yang belum disuntik dosis pertama segera mendatangi pusat pelayanan vaksinasi terdekat. Sedangkan bagi yang sudah mendapat dosis pertama, jangan mengabaikan vaksinasi dosis kedua sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Ada sekitar enam ribu nakes di Aceh yang belum disuntik vaksin dosis pertama,” kata SAG.

Ia menjelaskan, empat kabupaten kota di Aceh yang capaian vaksinasi nakes sudah di atas 100 persen meliputi Kabupaten Aceh Barat, Kota Banda Aceh, Aceh Besar dan Kota Langsa. Sementara 17 kabupaten/kota capaiannya sudah mencapai 79,9 – 99,9 persen. Adapun dua kabupaten lainnya yakni Aceh Tenggara dan Pidie baru mencapai masing-masing 74,4 persen dan 68,9 persen.

“Kedua kabupaten ini (Aceh Tenggara dan Pidie) hendaknya dapat meningkatkan persentase vaksinasi dosis pertama dalam Minggu ini,” sebutnya.

Kasus Baru COVID-19 di Aceh Bertambah 7

Selanjutnya, SAG menyampaikan, secara akumulatif kasus COVID-19 di Aceh sudah mencapai 9.541 kasus. Dengan rincian, para penyintas yang sudah sembuh sebanyak 7.820 orang, penderita dalam perawatan sebanyak 1.339 orang (kasus aktif), dan kasus meninggal dunia sebanyak 382 orang.

SAG melaporkan ada penambahan tujuh kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 pada Minggu (28/2). Terdiri dari warga Kota Banda Aceh dan Bireuen masing-masing dua orang. Sedangkan tiga lainnya masing-masing satu orang warga Aceh Barat Daya, Aceh Besar, dan Aceh Utara.

“Kasus sembuh maupun kasus meninggal dunia tidak bertambah dalam 24 jam terakhir,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.