Tuesday, March 21, 2023
spot_img

10 Anak Aceh Ikut Festival di Perancis

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Festival Anak Sedunia 2011 di Perancis kembali diramaikan delegasi dari Aceh. Sebanyak 10 orang anak asal Lhoknga telah berangkat menuju Perancis lewat Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Jumat siang, 8 Juli 2011.

Husaini/ACEHKITA.COM
Even yang diadakan Socours Populaite Francais dan Walikota Gennevilliers Perancis itu berlangsung selama sembilan hari terhitung sejak 9 Juli hingga 17 Juli 2011.

“Ini festival anak yang kedua kalinya diikuti oleh delegasi dari Aceh. Sebelumnya kegiatan serupa di Perancis pada tahun 2009 juga ikut diramaikan oleh 5 anak asal Aceh,” kata Yulfan, Senior Program Manager Komunitas Tikar Pandan, Jumat.

Dalam situs resmi Komunitas Tikar Pandan disebutkan, anak-anak tersebut berusia antara 10 hingga 13 tahun. Kehadiran anak Aceh ke Festival Anak Sedunia di Perancis tersebut merupakan perwakilan dari Indonesia.

Pada Festival Anak Sedunia kali ini para delegisi akan membahas tentang perspektif mereka terhadap lingkungan hidup dan perubahan iklim serta tentang kebudayaan lokal daerah masing-masing.

“Sedangkan pada tahun 2009, pembahasannya seputar hak anak yang dihargai oleh setiap institusi di daerah masing-masing,” ujar dia.

Selain pembahasan itu, tambah Zulfan, anak-anak juga mementaskan aktivitas seni dari setiap asal negaranya.

“Di sana mereka akan mempresentasikan banyak hal tentang daerah mereka masing-masing, baik itu tentang kebudayaan, kesenian dan pariwisata,” tambah Yulfan yang mendampingi mereka di Paris.

Sebelum berangkat ke Perancis, kesepuluh anak telah mendapat bimbingan dan latihan seperti tari dan rapai yang digelar di TPA Al-Hayah, Lhoknga. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,781FollowersFollow
23,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU