Yudisium Pascasarjana UIN Ar-Raniry Terapkan Protokol Kesehatan

0
147
Yudisium Pascasarjana UIN Ar-Raniry Terapkan Protokol Kesehatan
Yudisium 12 Doktor dan 83 Magister Pascasarjana UIN Ar-Raniry Terapkan Protokol Kesehatan. (Foto: Nat Riwat)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali meluluskan sebanyak 12 doktor dan 83 magister pada semester genap tahun akademik 2019/2020, Selasa (15/9). Yudisium digelar di Auditorium Prof Ali Hasjmy Kopelma Darussalam dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Prof. Mukhsin Nyak Umar, dalam sambutannya mengatakan, bahwa proses yudisium yang digelar saat ini jauh berbeda dengan yudisium sebelumnya, baik tempat, waktu dan usia masing-masing.

“Yudisium kali ini sangat berbeda dengan sebelumnya, dan yang paling mengesankan adalah kita sedang berjuang dalam pendidikan disaat wabah covid 19 sedang melanda negeri kita dan secara global, ini benar-benar perjuangan yang sangat luar biasa,” sebutnya.

Ditambahkan, proses yudisium ini digelar dengan tertib dan aman serta mengikuti protokol kesehatan dengan sangat ketat, di mana seluruh peserta diwajibkan memakai masker, face shield, sarung tangan, menjaga jarak serta durasi yang dipersingkat.

“Yudisium merupakan puncak dari berakhirnya masa studi di Pascasarjana secara formal dan nantinya akan menjadi keluarga besar alumni pascasarjana UIN Ar-Raniry. Maka oleh sebab itu, kapanpun dan dimanapun alumni tetap menjadi alumni dari kampus ini, kami berpesan jagalah nama baik almamater dan jangan pernah menodai nama Pascasarjana UIN Ar-Raniry,” kata Mukhsin.

Sementara itu, Wakil Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Dr. Mustafa AR, dalam laporannya menyampaikan, pada semester genap tahun akademik 2019/2020 kembali meluluskan 12 doktor (s3) dan 83 magister (S2) dari berbagai program studi di pascasarjana UIN Ar-Raniry.

Ia merincikan, dari 12 doktor tersebut terdiri dari 10 laki-laki dan dua perempuan dengan predikat yudisium sangat baik. Para doktor tersebut, 10 orang merupakan lulusan pada prodi Pendidikan Agama Islam dan dua orang dari prodi Fiqh Modern.

Sementara untuk jenjang magister berjumlah 83 orang terdiri dari 53 laki-laki dan 30 perempuan. Dari predikat yudisium, dua orang lulus cumlaude, 79 berpredikat baik sekali dan dua lulus dengan nilai baik.

“Dengan bertambahnya 83 alumni baru pada tingkat magister dan 12 ditingkat doktor, maka pascasarjana UIN Ar-Raniry telah menghasilkan 1.859 magister dan 131 doktor, sehingga total alumni pascasarjana sampai saat ini berjumlah 1.990 alumni,” ujar Mustafa.[]

NAT RIWAT

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.