Warga Aceh Utara Temukan dan Evakuasi Pengungsi Rohingya

0
134
Foto: acehkini

ACEH UTARA | ACEHKITA.COM – Sebanyak 99 pengungsi Rohingya diturukan ke daratan Aceh Utara oleh nelayan dan warga setempat. Mereka ditempatkan sementara di pondok yang berada di pantai Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Aceh. Penurunan ini dikawal aparat kepolisian dan TNI.

“Sekitar pukul 16.30 WIB tadi mereka diturunkan oleh warga ke daratan,” ujar Panglima Laot Seuneuddon, M Hasan, dilansir acehkini, Kamis sore, 25 Juni 2020.

Menurut Hasan, warga sebelumnya sempat mendesak aparat yang mengawal di lokasi agar pengungsi Rohingya segera diturunkan dari kapal untuk mendapatkan penanganan.

Hasan menyebut, masyarakat di sana turut mengumpulkan sumbangan untuk membeli makanan dan minuman kepada pengungsi Rohingya. “Kami mengumpulkan dana untuk disumbangkan ke mereka,” katanya.

Setelah didata, para pengungsi kemudian dipindahkan ke sebuah lokasi penampungan, bekas kantor Imigrasi yang terletak di Desa Punteuet, Kota Lhokseumawe. Mereka juga diperiksa rapid test dan kesehatannya oleh Dinas Kesehatan Aceh Utara.

Para pengungsi itu ditemukan nelayan dalam sebuah kapal yang hampir karam di pesisir laut Aceh Utara, Aceh, pada Rabu (24/6) sekitar pukul 12.00 WIB. Nelayan kemudian memindahkan pengungsi ke kapal mereka, sebelum ditarik ke darat.

Berdasarkan data dari Kepolisian Resor Aceh Utara, etnis Rohingya yang ditemukan terdampar di perairan laut Seunuddon tersebut berjumlah 99 orang. Mereka umumnya perampuan dan anak-anak. []

ACEHKITA.COM mendapatkan bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.