Video: Detik-detik Banjir Rob Landa 5 Desa di Aceh Barat, 1.641 Jiwa Terdampak

0
163
Video: Detik-detik Banjir Rob Landa 5 Desa di Aceh Barat, 1.641 Jiwa Terdampak
Banjir rob di Aceh Barat. (Foto: Siti Aisyah/acehkini)

Bencana banjir rob atau gelombang pasang air laut yang merendam 5 desa di Kabupaten Aceh Barat pada Sabtu (11/7), membuat 1.641 jiwa atau 437 kepala keluarga terdampak. Ketinggian air yang menggenangi pemukiman warga dan jalan mencapai 80 sentimeter hingga 1 meter.

Berdasarkan data Pusdalops BPBD Aceh Barat, 1.641 jiwa atau 437 KK yang terdampak banjir rob tersebut tersebar di 5 desa, yaitu Desa Suak Indrapuri, Desa Kampung Belakang, Desa Pasir, Desa Ujong Kalak, dan Desa Suak Ribe.

Banjir rob akibat pasang air laut itu juga mengakibatkan 42 unit rumah warga di Desa Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, mengalami kerusakan.

“Menurut data sementara hingga tadi malam, sebanyak 42 rumah mengalami kerusakan akibat banjir,” ujar Mukhtaruddin, pada Minggu (12/7) seperti dilansir acehkini, sindikasi media acehkita.com.

Selain rumah, meluapnya air laut tersebut juga mengakibatkan jalan di 5 gampong tersebut tidak bisa dilalui kendaraan. Bencana alam mengganggu aktivitas ribuan masyarakat karena air memasuki rumah mereka.

Untuk lebih lengkapnya, simak video di bawah ini.

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.