Vaksinasi COVID-19 untuk Tenaga Kesehatan di Aceh Sudah Capai 75,2 Persen

vaksinasi nakes di aceh
Tenaga kesehatan di Aceh menerima suntikan vaksin COVID-19. Foto: Ucok Parta

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Pelaksanaan vaksinasi corona tahap pertama untuk tenaga kesehatan (nakes) di Aceh terus berjalan sejak dimulai 9 Februari lalu. Sampai saat ini total 75,2 persen tenaga kesehatan yang ada di Aceh telah mendapatkan vaksin Sinovac dosis pertama.

“Cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Aceh sudah mencapai 75,2 persen dari 56.470 tenaga kesehatan (nakes) sasaran,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), dalam keterangannya pada Kamis (18/2) malam.

SAG menyebut, cakupan tertinggi diraih nakes di Kabupaten Aceh Singkil dan paling rendah di Kabupaten Bener Meriah. “Hingga pukul 00.00 WIB kemarin, cakupan vaksinasi nakes di Aceh Singkil sudah mencapai 99,9 persen,” ujarnya.

Ia mengatakan, sementara capaian vaksinasi nakes yang paling rendah cakupannya per 17 Februari 2021 di Kabupaten Bener Meriah, yakni 51,2 persen.

SAG menjelaskan, kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya dinilai masih rendah cakupannya di bawah 75 persen. Terdiri dari Kabupaten Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Lhokseumawe, Bireuen, Pidie, dan Subulussalam.

Sedangkan 14 kabupaten/kota lainnya di Aceh yang sudah mencapai cakupan di atas 75 persen. Ia merinci secara berturut-turut yaitu Kabupaten Aceh Singkil, Aceh Besar, Aceh Selatan, Langsa, Aceh Barat, Sabang, Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Tengah, Pidie Jaya, Simeulue, Aceh Utara, Banda Aceh, dan Aceh Barat Daya.

“Nakes yang belum divaksin dan memenuhi syarat vaksinasi COVID-19 segera mengikuti prosedur vaksinasi di pusat layanan terdekat karena sudah pada tenggat waktu,” kata SAG.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.