Monday, September 26, 2022
spot_img

USK Anugerahi Tgk Malik Mahmud Sebagai Tokoh Perdamaian

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh memberikan penghargaan kepada Wali Nanggroe Aceh, Paduka Yang Mulia (PYM) Tgk Malik Mahmud Al-Haythar sebagai Tokoh Perdamaian.

Rektor USK, Prof. Samsul Rizal, mengatakan ini adalah kali pertama USK menganugerahkan Tokoh Perdamaian. “Mudah-mudahan apa yang kami anugerahkan menjadi contoh bagi kita semua. Agar kita, khususnya orang Aceh menjaga perdamaian,” katanya saat memberi sambutan di AAC Dayan Dawood USK, Banda Aceh, Kamis (10/2/2022).

Rektor USK berharap, Wali Nanggroe bisa menjadi pemersatu bagi segenap lapisan masyarakat Aceh, tanpa terkecuali. Tantangan bersama dalam mengisi perdamaian Aceh adalah bagaimana Aceh mengelola Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki. Potensi besar yang ada, akan sia-sia jika tidak bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, demi kemaslahatan bersama.

“Sebagai provinsi yang memiliki uang banyak, melalui dana otonomi khusus, seharusnya Aceh bisa berbuat lebih. Perdamaian yang telah ada, merupakan anugerah Allah SWT yang mesti dijaga,” kata Rektor.

Sementara itu, Wali Nanggroe Aceh, Tgk Malik Mahmud Al-Haythar, mengatakan tujuan berdamai adalah mendapatkan kemakmuran dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Aceh. “Tetapi sayangnya apa yang kita harapkan untuk Aceh, belum lagi tercapai,” katanya.

Menurutnya, Aceh bukan hanya milik sebagian golongan. Inilah yang disebut dengan national interest of Aceh yang harus terus diperjuangkan dan dipertahankan. GAM telah memutuskan berdamai dengan RI, maka perdamaian ini harus dijaga dan terus diperjuangkan bersama. “Sampai terciptanyan kemakmuran dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Aceh,” kata mantan Perdana Meuntroe GAM.

Kesepakatan mengakhiri konflik Aceh antara Pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) diraih pada 15 Agustus 2005 silam. Penandatanganan MoU berlangsung di Helsinki, Finlandia hingga kerap disebut MoU Helsinki. Dokumen MoU ditandatangani oleh Hamid Awaluddin mewakili Pemerintah Indonesia, dan Tgk Malik Mahmud mewakili GAM. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,603FollowersFollow
23,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU