Update COVID-19 Aceh: 4 Lagi Meninggal, Kasus Baru 71 Orang

Prosesi pemakaman pasien COVID-19 yang meninggal dunia di Aceh dilakukan petugas pemulasaran RSUDZA Banda Aceh, Selasa 29 September 2020. (Foto: Ucok Parta/acehkita.com)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Korban Covid-19 di Aceh kian bertambah, sebanyak 4 orang lagi dilaporkan meninggal dunia sesuai data data update per Rabu (28/4/2021). Juga tercatat penambahan kasus positif sebanyak 71 orang, dan pasien sembuh dilaporkan bertambah 107 orang.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani alias SAG, dalam keterangan tertulisnya Kamis pagi (29/4/2021).

Dengan penambahan sejumlah kasus baru di Aceh, secara total kasus COVID-19 sudah tercatat sebanyak 10.885 kasus/orang. Para penyintas yang sudah sembuh sebanyak 9.459 orang. Pasien dirawat sebanyak 992 orang, dan kasus meninggal dunia sebanyak 434 orang.

“Mereka yang dilaporkan meninggal dunia masing-masing satu orang warga Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, dan warga Kota Sabang,” kata SAG.

Lebih lanjut, kasus probable secara akumulatif tercatat sebanyak 709 orang, meliputi 621 orang sudah selesai isolasi, 12 orang isolasi di rumah sakit, dan 76 orang meninggal dunia. Kasus probable merupakan kasus-kasus yang menunjukkan indikasi kuat sebagai COVID-19.

Sedangkan kasus suspek secara akumulatif tercatat sebanyak 7.153 orang. Suspek yang telah usai isolasi sebanyak 7.058 orang, sedang isolasi di rumah 56 orang, dan sebanyak 39 orang menjalani isolasi di rumah sakit.

SAG meminta semua pihak harus bekerja keras melakukan pengendalian penularan dan melokalisir penyebaran virus corona. Pemerintah kabupaten/kota melalui Satgas COVID-19  mesti giat melakukan testing penduduk berisiko, aktif melacak kontak erat (tracing), dan juga meningkatkan kapasitas ruang isolasi dan ruang perawatan rumah sakit.

“Semua pihak harus kompak dan bersatu melawan COVID-19 agar tragedi kemanusiaan yang terjadi di India tidak sampai terulang di Aceh, dan Indonesia,” tutur SAG. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.