Thursday, January 20, 2022
spot_img

Tour de Sabang Resmi Digelar untuk Pertama Kalinya

SABANG | ACEHKITA.COM – Ajang balap sepeda Tour de Sabang resmi digelar untuk pertama kalinya selama tiga hari, 26-28 November 2021. Perhelatan Tour de Sabang 2021 diselenggarakan Pengprov ISSI Aceh dan Dispora Aceh sebagai upaya untuk menghadirkan event olahraga sepeda bertaraf internasional di Aceh.

Tour de Sabang 2021 diawali dengan balap sepeda gunung atau mountain bike (MTB) bernama MTB On The Road yang diikuti 53 peserta untuk lima kategori pada Jumat (26/11). Ajang MTB On The Road ini digelar sebagai rangkaian pemanasan meramaikan penyelenggaraan Tour de Sabang untuk pertama kalinya.

Kemudian pada hari kedua, Sabtu (27/11), Tour de Sabang resmi berlangsung untuk balap sepeda jalanan atau road bike (RB). Etape pertama Tour de Sabang 2021 diiikuti 51 pembalap sepeda dari Aceh dan luar Aceh.

Peserta balap sepeda Tour de Sabang dilepas secara resmi oleh Wakil Wali Kota Sabang Suradji Junus bersama Ketua Umum Pengprov ISSI Aceh Darwati A Gani di area Sabang Fair, Sabtu pagi.

“Saya mendapatkan informasi bahwa kegiatan balap sepeda Tour De Sabang ini masuk ke dalam kalender tahunan UCI Gran Fondo, kami berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya. Untuk itu atas nama pemerintah dan masyarakat Sabang, saya ingin menyampaikan selamat datang dan selamat menikmati keindahan alam Pulau Weh,” kata Suradji.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov ISSI Aceh Darwati A Gani menyampaikan, pelaksanaan Tour de Sabang 2021 ini sebagai upaya dalam menghadirkan event olahraga balap sepeda bertaraf internasional di Aceh.

“Walaupun dalam pelaksanaannya masih di luar target yang kita inginkan, karena kondisi pandemi Covid-19, jadi peserta dari luar negeri terbatas untuk datang, Jadi cancel peserta luar negeri, jadi hanya dari Aceh dan luar Aceh saja, ” kata Darwati.

Ia menyebut, meskipun event Tour de Sabang perdana digelar di Aceh, namun event tersebut diharapkan dapat menjadi agenda tahunan. Karena menurutnya, event ini selain untuk olahraga, juga untuk memberdayakan ekonomi di Kota Sabang serta mendongkrak pariwisata Aceh khususnya Sabang.

“Jadi selain bertanding, pesepeda juga dapat menikmati keindahan alam Sabang, dengan diving, dan jalan-jalan ke tempat wisata lainnya. Hal ini juga untuk meningkatkan perekonomian Sabang,” ujarnya.

Lebih lanjut, Darwati berharap, melalui event Tour de Sabang dapat memunculkan atlet-atlet baru nantinya guna upaya peningkatan prestasi cabor balap sepeda, apalagi Aceh sebagai tuan rumah PON 2024 mendatang.

Ia menambahkan, event Tour de Sabang direncanakan akan masuk dalam agenda internasional. “Kita belajar mengikuti aturan yang ditetapkan UCI Gran Fondo,” sebutnya.

Pada etape pertama, peserta Tour de Sabang 2021 menempuh jarak 50 kilometer dengan garis start dan finish di area Sabang Fair untuk empat kategori, yaitu Men 19-34, Men 35-39, Men 40-44, dan Men 45-49. Sedangkan untuk kategori Men 50 up dan Women Open dengan jarak 30 kilometer.

Selanjutnya untuk etape kedua pada Minggu (28/11), peserta Tour de Sabang 2021 akan melakukan balapan sepeda dari titik Nol Kilometer Indonesia sampai garis finish di area Sabang Fair. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,153FollowersFollow
22,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU