Wednesday, October 27, 2021
spot_img

Tanamkan Benih Kejujuran, KPK Sambangi Sekolah di Banda Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi Sekolah Fajar Harapan Banda Aceh dalam rangka memantau implementasi pendidikan antikorupsi di lingkup sekolah, Jumat (26/3/2021).

Dalam kunjungan itu hadir Direktur Jejaring Pendidikan Antikorupsi KPK Aida Ratna Zulaiha bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Aceh Alhudri, yang diterima oleh kepala sekolah, jajaran guru, serta para murid sekolah yang menerapkan sistem boarding school tersebut.

Aida mengatakan bahwa pendidikan antikorupsi sangat penting untuk diterapkan dalam sistem pembelajaran di sekolah. Penerapannya pun tidak kaku, namun bisa dilakukan melalui berbagai alternatif.

“Implementasi pendidikan antikorupsi tidak harus dalam mata pelajaran khusus, namun dapat diinsersi ke dalam mata pelajaran yang sudah ada, seperti pendidikan agama, PPKN, maupun muatan lokal. Bahkan insersi pendidikan antikorupsi juga bisa dilakukan melalui aktivitas ekstrakurikuler sekolah,” jelas Aida.

Dalam kunjungan itu, Aida menyempatkan untuk menyapa langsung para murid yang sedang melakukan aktivitas ekstrakurikuler berlatih Tarian Saman. Dari ekstrakurikuler ini para murid diajak untuk menyadari, bahwa mereka sedang memupuk dan mempraktikkan nilai-nilai antikorupsi. Di antaranya yaitu, mandiri dalam melakukan latihan, kerja keras dalam belajar, disiplin dalam mengatur waktu, dan penuh tanggung jawab dalam memanfaatkan fasilitas sekolah.

Di akhir kunjungannya, Aida menyematkan pin “Berani Jujur Hebat” di dada kanan siswa-siswi yang sore itu bergabung.

“Jujur sebagai sikap dasar antikorupsi harus kita tanamkan sejak dini yang buahnya akan kita petik pada masa mendatang. Di mana saat kita berada pada kesempatan bisa melakukan korupsi, namun kita menolak melakukannya dan tetap berpegang teguh pada prinsip kejujuran,” pesan Aida.[ril]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
20,865FollowersFollow
22,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU