Suhu Panas, Sejumlah Jemaah Haji Aceh Sakit

0
922

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Suhu Kota Madinah yang mencapai 40 derajat Celsius menyebabkan sedikitnya 18 jemaah calon haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang 1 Kota Banda Aceh, mengalami sakit. Umumnya, tamu Allah itu mengeluhkan sakit tenggorokan dan bibir pecah-pecah.

dr Nungki, paramedis di Kloter 1 Banda Aceh, menyebutkan, jemaah calon haji asal Banda Aceh itu mengalami sakit ringan akibat suhu panas yang mencapai 40 derajat Celsius.

“Kami tidak bosan-bosannya mengingatkan kepada jemaah untuk selalu menggunakan masker,” kata dr Nungki seperti dikutip acehkita.com dari aceh.kemenag.go.id, Senin (24/9).

Sakit ringan yang dialami jemaah haji tersebut adalah sakit tenggorokan, bibir pecah-pecah, dan gangguan saluran pernafasan atas (ISPA). “Tapi sudah ditangani oleh tim kesehatan,” ujar Nungki.

Menurutnya, jemaah yang mengalami gangguan kesehatan ini karena belum bisa beradaptasi dengan perubahan cuaca ekstrem di Madinah.

Jemaah calon haji asal Aceh menginap di sejumlah hotel di kawasan Masjid Nabawi. Dari masjid yang dibangun Rasulullah Muhammad Saw itu hanya berjarak sekitar 200 meter. Jemaah yang tergabung dalam Kloter 1 sudah memulai salat Arbain. []

ACEHKITA.COM mendapatkan bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.