Sudah 31 Ribu Lebih Pasangan di Aceh Menikah saat Pandemi COVID-19

Catat, Begini Aturan Baru Menikah di Luar KUA saat New Normal
Pasangan pengantin di Aceh saat melangsungkan akad nikah. (Foto: Ucok Parta/acehkita.com)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sebanyak 31.618 pasangan di Aceh telah melangsungkan pernikahan sepanjang masa pandemi COVID-19. Jumlah tersebut terhitung pada triwulan ke-3 mulai Januari hingga September 2020.

“Dari jumlah total peristiwa nikah tahun ini, 20.979 pasangan melaksanakan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) dan 10.638 di luar kantor,” kata Kepala Bidang Urusan Agama Islam (Urais) Kanwil Kemenag Aceh, Marzuki Ansari, dalam keterangannya, Rabu (14/10).

Marzuki mengatakan, wabah COVID-19 tidak mengurangi keinginan para calon pasangan pengantin di Aceh untuk menikah. “Wabah tidak menghalangi niat baik para calon pengantin di Aceh untuk menikah. Kita prediksikan jumlah ini akan terus meningkat hingga akhir tahun ini,” ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan data pernikahan, sebelum adanya kasus COVID-19 di Indonesia, pada Januari lalu terjadi 3.767 peristiwa nikah dan 3.686 pada Februari.

Marzuki menyebut, saat ditemukannya kasus pertama positif COVID-19 di Indonesia pada Maret lalu, jumlah peristiwa nikah di Aceh di bulan tersebut sebanyak 4.098.

Kemudian, 2.164 peristiwa nikah di bulan April, 232 peristiwa nikah di bulan Mei, 5.664 peristiwa nikah di bulan Juni, 3.249 peristiwa nikah di bulan Juli, 5.480 peristiwa nikah di bulan Agustus dan 3.278 peristiwa nikah di September.

“Di bulan Mei kita lihat tidak banyak pernikahan karena puasa Ramadhan dan lebaran Idul Fitri, jadi tidak banyak terjadi peristiwa nikah. Ini bukan hanya terjadi di tengah pandemi, sebelum pandemi juga demikian,” sebutnya.

Marzuki mengatakan, pernikahan tidak dapat ditunda dalam kondisi apapun. Sebab itu, demi kelancaran pernikahanm Kemenag Aceh telah melakukan sosialisasi agar pernikahan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Selain itu, untuk mengantisipasi penyebaran wabah corona di KUA, Kemenag Aceh juga telah mendistribusikan 274 wastafel, 5.263 masker dan 9.900 sarung tangan ke semua unit Kantor Urusan Agama di Aceh,” ujar Marzuki.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.