Siswi MAS Jeumala Amal Persembahkan Medali Emas untuk Aceh di KSM 2020

Siswi MAS Jeumala Amal Persembahkan Medali Emas untuk Aceh di KSM 2020
Nuzulurrahmah, siswi MAS Jeumala Amal juara 1 KSM Online 2020 bidang studi fisika terintegrasi tingkat MA.

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Nuzulurrahmah, siswi MAS Dayah Jeumala Amal, Lueng Putu, Pidie Jaya, berhasil mengharumkan nama Aceh pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2020 tingkat nasional. Ia menjadi penyumbang satu-satunya medali emas bagi Aceh di ajang KSM yang berlangsung secara online di tengah pandemi COVID-19.

Perolehan medali emas yang diraih siswa Mas Jeumala Amal itu usai berhasil keluar sebagai juara 1 bidang studi fisika terintegrasi tingkat MA. Selain medali emas, Aceh juga meraih dua medali perak dan dua perunggu dalam ajang KSM Online 2020.

Dua medali perak masing-masing diraih Nurliana, siswi MAS Kuala, Nagan Raya pada cabang bidang studi fisika terintegrasi tingkat MA, dan Fakhri Rozan, siswa MAN 1 Aceh Barat pada bidang studi matematika terintegrasi.

Semendara dua medali perunggu bagi Aceh diraih Putri Fajar Nabila, siswi MAS Darul Sa’dah Cot Tarum, Bireuen pada bidang studi fisika terintegrasi tingkat MA, dan Inaya putri, siswi MAN Insan Cendikia, Aceh Timur pada bidang studi geografi terintegrasi.

Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Aceh, Zulkifli menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi yang diraih oleh siswa-siswi Aceh dalam ajang tahunan tingkat nasional ini.

“Alhamdulillah siswa siswi madrasah MI, MTS, MA di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Aceh mendapat prestasi yang luar biasa pada KSM Online tahun 2020. Dikatakan luar biasa karena tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Dulu satu orang peserta didik mewakili provinsi dalam satu bidang lomba, namun tahun ini diwakili satu orang per madrasah,” ujarnya dikutip dari laman Kemenag Aceh.

Ia mengatakan, Provinsi Aceh berhasil menempati peringkat 9 dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Online 2020 tingkat nasional.

Zulkifli menyebut, Kanwil Kemenag Aceh akan memberikan penghargaan untuk siswa yang berprestasi dalam ajang tersebut. “Kita akan berikan penghargaan, dan Kakanwil juga memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas prestasi ini dan menyampaikan terima kasih kepada para pembimbing sehingga kita keluar sebagai 10 besar,” sebutnya.

Melansir laman Kemenag, Provinsi Jawa Tengah menjadi juara umum pada KSM 2020. Berbeda dengan tahun sebelumnya, KSM yang digelar dalam suasana pandemi ini berlangsung secara online atau dalam jaringan.
“Juara KSM Online 2020 adalah Provinsi Jawa Tengah. Menyusul di posisi kedua adalah Jawa Timur, dan Jambi di posisi ketiga,” ujar Direktur KSKK Madrasah Ahmad Umar, Jumat (20/11).

“Masuk dalam 10 besar lainnya adalah Jawa Barat, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Riau, Aceh, dan Banten,” lanjutnya.

Pada tahun ini, Kompetisi Sains Madrasah tingkat Nasional diikuti 66.778 siswa se-Indonesia, terdiri atas 22.120 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), 23.449 siswa Madrasah Tsanawiyah, dan 21.208 siswa Madrasah Aliyah. Karena online, maka peserta bisa mengikutinya dari rumah masing-masing.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.