Sekolah Belum Boleh Buka di Banda Aceh

0
365
Ilustrasi siswa SD. Foto: acehkini

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sekolah-sekolah di Banda Aceh belum menggelar belajar tatap muka, di hari pertama sekolah Tahun Ajaran Baru 2020/2021, Senin (13/7/2020). Sistem belajar online masih diberlakukan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, Saminan, mengatakan salah satu alasan belum membuka sekolah karena Banda Aceh masih dalam zona kuning COVID-19. “Untuk seluruh sekolah di Banda Aceh, sesuai edaran dari Wali Kota Banda Aceh dan Plt Gubernur Aceh,” katanya dilansir acehkini.

Keputusan yang diambil tersebut juga berpedoman pada Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 01/KB/2020, Nomor 516 Tahun 2020, Nomor HK.03.01/Menkes/363/2020, dan Nomor 440-882 tentang Panduan Penyelenggaraan pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona.

Beberapa waktu lalu, kata Saminan, Wali Kota Banda Aceh dan Plt Gubernur Aceh masing-masing bersama unsur Forkopimda di wilayahnya, telah membahas kebijakan terkait sekolah dan pendidikan pada tahun ajaran baru.

Menurut Saminan, khusus untuk SMP dan SD yang menjadi kewenangan Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, pihaknya menerapkan sistem belajar online baru dengan melibatkan orangtua murid sebagai guru kedua. “Orangtua dipanggil ke sekolah untuk membahas pelajaran, diberikan buku panduan untuk membantu anaknya belajar di rumah,” jelasnya.

Pelajaran juga tidak dilakukan sepenuhnya seperti biasa. “Misalnya dalam satu buku ada 10 bab, disepakati bab-bab mana saja yang perlu diajarkan orangtua di rumah, hasilnya nanti akan disampaikan kepada guru di sekolah melalui video, foto.” []

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.