Friday, August 12, 2022
spot_img

Satu Warga Bireuen Positif COVID-19, Total 88 Kasus di Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Salah seorang warga Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh terkonfirmasi positif COVID-19. Masyarakat diminta tetap waspada dan senantiasa menjalankan protokol kesehatan. Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani alias SAG, kepada awak media, Selasa (07/07/2020) malam.

“Warga Kota Juang yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona itu dirilis sebagai Pasien 88 Covid-19 Aceh,” tutur SAG.

Berdasarkan laporan Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Aceh, dr Hanif, pasien COVID-19 Aceh ke-88 berjenis kelamin perempuan, umur 57 tahun, dan memiliki riwayat perjalanan ke daerah penularan lokal di luar Aceh.

“Ia berobat ke RSUD dr Fauziah Bireuen karena batuk-batuk. Pasien 88 ini jujur mengaku pernah ke zona infeksius dan tim medis melakukan swab cairan nasofaring dan orofaringnya,” kata SAG.

Hasil pemeriksaan swab-nya di Laboratorium Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) Litbangkes Aceh, jelas SAG, pasien 88 itu konfirmasi positif COVID-19. Dia langsung menjalani perawatan lebih lanjut di RSUD dr Fauziah, Bireuen.

Menuju Zona Aman COVID-19, Ini Sejumlah Langkah Penting

Dua Pasien Sembuh

Sementara itu, SAG mengatakan ada dua pasien COVID-19 yang selama ini dirawat di Respiratory Intensive Care Unit (RICU) dan Ruang Isolasi Pinere RSUZA Banda Aceh, masing-masing His (55) dan EMI (31) dinyatakan sembuh.

His dirawat di RICU sejak 21 Juni 2020 setelah terkonfirmasi positif COVID-19. Setelah sekitar 16 hari ditangani Tim Medis Covid-19 RICU-RSUZA, dinyatakan sembuh berdasarkan hasil swab dua kali berturut-turut dinyatakan negatif, dan dibolehkan pulang untuk pemulihan kesehatannya di rumah.

Sedangkan pasien EMI yang menjalani perawatan di Ruang Isolasi Pinere RSUZA sejak tujuh hari lalu tidak memiliki riwayat ke zona merah, namun ia kontak dekat pasien positif COVID-19 lainnya. Warga Kota Banda Aceh ini dinyatakan sembuh dan meninggalkan rumah sakit hari ini karena hasil swab-nya sudah bebas virus corona.

“Kita berharap kedua pasien yang baru sembuh ini tetap menjalankan Protokol Kesehatan di hari-hari selanjutnya agar penyakit itu tidak berulang,” saran SAG.

Data Kasus

Data kasus di Aceh sampai Selasa, 7 Juli 2020, pukul 15.00 WIB, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 2.304 orang. “Tidak ada penambahan ODP baru hari ini,” kata SAG.

ODP yang masih dalam pemantauan Gugus Tugas COVID-19 kabupaten/kota sebanyak 47 orang. Sedangkan sebanyak 2.257 orang sudah selesai menjalani proses pemantauan atau isolasi secara mandiri, jelasnya.

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP), telah tercatat sebanyak 127 kasus. Tidak ada penambahan PDP yang baru. PDP dalam perawatan rumah sakit rujukan Covid-19 kabupaten/kota saat ini, sebanyak 4 orang. Lainnya, sebanyak 122 PDP telah sembuh, sementara 1 orang meninggal pada 26 Maret 2020.

Sedangkan Positif COVID-19 hingga saat ini tercatat 88 orang, sedang dirawat sebanyak 43 orang, sudah sembuh 42 orang, dan 3 orang meninggal dunia.

Lebih lanjut SAG menghimbau masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan karena ancaman Pandemi COVID-19 belum berakhir. “Apabila pada tataran individu atau secara personal disiplin menjalankan protokol kesehatan, potensi risiko penularan di dalam suatu komunitas pun akan lebih rendah,” tutupnya. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,583FollowersFollow
23,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU