Sunday, December 5, 2021
spot_img

Satgas: Tingkat Kepatuhan Prokes di Aceh Meningkat, Vaksinasi Nakes Capai 88,7%

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, menyampaikan hasil monitoring kepatuhan protokol kesehatan (prokes) oleh Satgas Nasional menunjukkan tingkat kepatuhan memakai masker dan menjaga jarak sedikit meningkat di Aceh. Sementara vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan (nakes) saat ini telah mencapai 88,7 persen.

“Ada peningkatan kepatuhan prokes selama periode monitoring tanggal 15-21 Februari 2021 dibanding seminggu sebelumnya,” ujar jubir yang akrab disapa SAG itu, Jumat (26/2).

Ia menjelaskan, tingkat kepatuhan memakai masker di Aceh meningkat dari 71,6 persen menjadi 74,7 persen. Sedangkan kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan meningkat dari 80,4 persen menjadi 81,7 persen.

SAG menyebut sementara tingkat kepatuhan prokes nasional nyaris tak beranjak. Tingkat kepatuhan memakai masker pekan lalu sekitar 89,1 persen, dan 89,3 persen hasil monitoring terakhir. Bahkan tingkat kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan turun tipis dari 88,5 persen menjadi 88,4 persen.

Ia mengatakan, monitoring kepatuhan prokes dilakukan Tim Perubahan Perilaku Satgas COVID-19 yang melibatkan lebih empat ribu observer yang terdiri dari TNI, Polri, dan duta perubahan perilaku dari Satgas. Mereka mengamati tingkah laku kepatuhan protokol kesehatan di tempat-tempat umum dan hasilnya diumumkan secara mingguan.

“Tren data hasil pengamatan tingkat kepatuhan prokes tampak mulai landai dan ini memiliki risiko peningkatan kasus baru COVID-19. Semua pihak mesti saling mengedukasi bahwa pandemi belum berakhir dan patuh pada prokes merupakan keniscayaan,” kata SAG.

Sudah 50.107 Nakes Terima Vaksin Sinovac Dosis Pertama

Selanjutnya, SAG menyampaikan, cakupan vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) di Aceh, berdasarkan data laporan Dinas Kesehatan kabupaten/kota hingga Rabu (24/2). Nakes yang telah mendapat suntikan vaksin Sinovac dosis pertama sudah mencapai sebanyak 50.107 orang, atau 88,7 persen dari nakes sasaran yang berjumlah 56.470 orang di seluruh Aceh.

SAG menyebut, tiga kabupaten/kota di Aceh mencatat cakupan vaksinasi di atas 100 persen. Terdiri dari Kabupaten Aceh Barat, Aceh Besar, dan Kota Langsa. Sementara Bener Meriah, Aceh Tenggara, dan Pidie, cakupannya sudah mencapai 69 persen hingga 73 persen.

“Sedangkan 17 kabupaten/kota lainnya sudah mencapai cakupan 79 persen hingga 99,9 persen,” ujarnya.

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
20,973FollowersFollow
22,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU