Satgas Nasional Wanti-wanti soal Lonjakan Kasus COVID-19 di Aceh

0
275
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto: Dok. Covid19.go.id)

Kasus virus corona di Aceh melonjak tajam dalam beberapa waktu belakangan, padahal provinsi paling barat Indonesia ini sempat dipuji karena penanganan pandemi virus corona.

Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mewanti-wanti lonjakan kasus COVID-19 di Aceh. Pasalnya terjadi lonjakan kasus positif virus corona dalam rentang seminggu dari 26 Juli hingga 2 Agustus.

“Perhatian juga kepada daerah Aceh. Kami lihat ada beberapa perubahan kondisi di Provinsi Aceh, dari 21 kasus menjadi 259 kasus dari 26 Juli ke 2 Agustus 2020,” ungkap Wiku saat konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (6/8), seperti dikutip kumparan.com.

Wiku kemudian menjelaskan perubahan risiko penularan virus corona yang terjadi di kabupaten/kota di Aceh. Ada 1 kabupaten di Aceh yang kini berisiko rendah dari sebelumnya tak terdampak.

Kemudian, ada 1 kabupaten yang sebelumnya nihil kasus, kini ditemukan kasus positif virus corona. Lalu ada 8 wilayah yang kini naik dari risiko rendah menjadi sedang.

“3 kabupaten/kota dari tak terdampak jadi berisiko sedang, 1 kabupaten/kota tak ada kasus jadi risiko sedang,” imbuh Wiku.

Atas kondisi ini, Wiku berpesan kepada Pemprov Aceh dan pemda untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam penanganan lonjakan kasus infeksi virus corona.

“Mohon pemda mari berkoordinasi agar kondisinya membaik, hal-hal yang perlu diperhatikan dan bantu mohon berkoordinasi sehingga kondisinya lebih baik lagi lebih banyak lagi yang zona hijau,” tegas Wiku.

Berdasarkan data Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh per Kamis (7/8) sore, angka positif COVID-19 di Aceh kini mencapai 537 kasus. Dengan rincian, sebanyak 141 orang di antaranya telah sembuh, 19 meninggal dunia, dan 377 orang lainnya dalam perawatan medis dan isolasi mandiri.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.