Wednesday, July 6, 2022
spot_img

Resmikan Tol, Jokowi Harap Aceh Jadi Episentrum Ekonomi Baru di Sumatera

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Presiden Joko Widodo berharap Aceh bakal menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi baru di Pulau Sumatera. Hal ini dikatakan Jokowi ketika meresmikan operasional jalan tol Sigli-Banda Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar, Selasa (25/8).

Jokowi meminta Gubernur Aceh agar menyambungkan jalan tol pertama di Aceh tersebut dengan sentra pertanian, pariwisata, dan perindustrian. “Sehingga betul-betul bermanfaat bagi masyarakat kita di Aceh,” sebutnya.

Selain itu, Jokowi berpesan agar unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tetap dilibatkan agar ikut merasakan “kue” ekonomi dari pembangunan infrastruktur.

“Yang kita harapkan lagi, Aceh akan menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi baru di Pulau Sumatera,” kata Jokowi.

Peresmian Tol Sibanceh seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) sepanjang 13,5 kilometer itu ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Jokowi sekitar pukul 11.12 WIB.

“Jalan tol Sigli-Banda Aceh 74 kilometer ini jalan tol pertama di Aceh,” ujarnya.

Ke depannya, sebut Jokowi, jalan tol yang ada di Provinsi Aceh akan tersambung dengan jalan-jalan tol lainnya di Pulau Sumatera hingga berakhir di Lampung dan menjadi bagian dari tol trans-Sumatera sepanjang 2.765 kilometer yang ditargetkan selesai pada tahun 2024 mendatang.

“Ini akan meningkatkan multiplier effect dua sampai tiga kali. Ini luar biasa. Juga menyerap tenaga kerja sebanyak 296 ribu secara langsung untuk 18 ruas yang ada. Saat ini sudah menyerap 24.700 tenaga kerja. Ini memang sangat banyak,” tuturnya.

Pembangunan jalan tol pertama di Aceh ini dikerjakan PT Hutama Karya. Dalam pembangunannya, Hutama Karya berkolaborasi dengan PT Adhi Karya (Persero), Tbk. (Adhi Karya), selaku kontraktor. Tol Sigli-Banda Aceh terdiri dari 6 (enam) seksi yaitu seksi 1 Padang Tiji-Seulimum (24,3 km), seksi 2 Seulimum-Jantho (7,6 km), seksi 3 Jantho-Indrapuri (16 km), seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (13,5 km), seksi 5 Blang Bintang-Kuta Baro (7,7 km) dan seksi 6 Kuto Baro-Baitussalam (5 km).

Diresmikan Presiden Jokowi Besok, Ini Penampakan Ruas Tol Indrapuri-Blang Bintang

Sebelumnya, Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto, menyampaikan bahwa Tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) merupakan jalan bebas hambatan pertama yang hadir bagi masyarakat Aceh. Tol ini memiliki 2 (dua) interchange atau Simpang Susun (SS) yakni Simpang Susun Indrapuri dan Simpang Susun Blang Bintang.

Selain itu, tol ini dilengkapi oleh 1 (satu) Gerbang Tol (GT) yakni GT Indrapuri, 1 (satu) pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Tipe A yang berada di KM 54, yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian pembangunan. Jika terhubung, Tol Sigli-Banda Aceh mulai dari seksi 1 (Padang-Tiji) hingga seksi 6 (Kuto Baro-Baitussalam) dapat menampung volume kendaraan sebanyak kurang lebih 3.000 kendaraan setiap harinya.

Selain itu, total akses penghubung tol ini terdiri dari 6 (enam) Simpang Susun (SS), 7 (tujuh) Gerbang Tol (GT) serta 2 (dua) pasang TIP.

“Dengan rampungnya seksi 4 ini, diharapkan mampu meningkatkan konektivitas dari Banda Aceh ke Sigli, pun sebaliknya dari Sigli-Indrapuri ke Bandara Udara Internasional Sultan Iskandar Muda yang berada di Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar,” kata Budi.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,547FollowersFollow
23,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU