Prof Wiku: Perilaku Disiplin 3M Kunci Utama Menekan Penularan COVID-19

0
196
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto: Covid19.go.id)

JAKARTA | ACEHKITA.COM – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 kembali mengingatkan masyarakat untuk patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Karena, kunci utama memutus mata rantai penyebaran virus corona (COVID-19) adalah menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, menyebut kepatuhan terhadap protokol kesehatan secara dapat lebih efektif mencegah penularan jika dilakukan secara kolektif dan tidak dilakukan sendiri.

“Kalau kita sudah patuh pada protokol kesehatan, jangan lupa mengingatkan orang lain untuk patuh pada protokol kesehatan,” jelasnya dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Kamis (1/10) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Prof Wiku menunjukkan bahwa beberapa jurnal internasional menyatakan bahwa mencuci tangan dengan sabun dapat menurunkan risiko penularan sebesar 35 persen. Sedangkan memakai masker kain dapat menurunkan risiko penularan sebesar 45 persen, memakai masker bedah dapat menurunkan risiko penularan sebesar 70 persen.

Dan yang paling utama, menjaga jarak minimal 1 meter dapat menurunkan risiko penularan sampai dengan 85 persen. Oleh karena itu masyarakat harus yakin bahwa setiap usaha yang dilakukan saat ini, akan membuahkan hasil.

“Asalkan konsisten dan kolektif melakukan perubahan perilaku menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dan dilakukan secara sungguh-sungguh,” kata Prof Wiku.[CGI]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.